Rekomendasi Camilan Buka Puasa Enak dan Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

By Fathia Yasmine, Selasa, 27 April 2021 | 12:59 WIB
Kreasi silky puding aneka rasa untuk teman berbuka puasa (Dok. Shutterstock)

SajianSedap.com - Setelah seharian menahan lapar dan haus, waktu buka puasa menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Namun, berbuka puasa belum lengkap rasanya jika tidak ditemani camilan sebagai takjil atau makanan pembuka.

Setelah seharian berpuasa, perut cenderung tidak nyaman apabila langsung diberikan asupan makanan berat.

Oleh sebab itu, camilan yang porsinya lebih kecil dan ringan biasanya menjadi pilihan. Setiap Ramadhan, banyak pedagang makanan menjajakan camilan untuk takjil. Berburu takjil pun menjadi tradisi. 

Umumnya, camilan yang dijual adalah makanan tradisional seperti gorengan, es buah, hingga kolak pisang. Meski begitu, membeli takjil di luar tentu memakan biaya yang tidak sedikit, terutama jika dilakukan setiap hari.

Baca Juga: Hatinya Terbuat dari Apa? Nagita Slavina Tepis Tangan Raffi Ahmad Saat Disinggung Liburannya ke Belanda Bareng Ayu Ting Ting, 'Mending Kita Pisah Aja!'

Sesekali, untuk berhemat biaya belanja makanan saat Ramadhan, Sase Lovers dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain hemat, Sase Lovers juga dapat berkreasi sesuka hati sehingga camilan bisa lebih sesuai selera.

Nah, apa saja camilan untuk takjil yang mudah dibuat dan bahannya gampang didapat? Berikut rekomendasinya.

Silky puding

Selain minuman manis, silky puding bisa Sase Lovers jadikan sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Pasalnya, dessert super lembut ini bisa dimasak dengan praktis menggunakan puding instan kemasan yang banyak dijual dipasaran.

Selain nikmat, mengonsumsi puding ketika berbuka juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dikutip dari Intisari, Senin (14/9/2015), kandungan ekstrak rumput laut yang menjadi bahan dasar puding dapat membantu membersihkan usus dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Pantas Bisa Garing Seharian, Bikin Ayam Goreng Tepung Kriuk Ternyata Harus Pakai 2 Tepung Ini! Buktikan Sendiri

Kandungan antioksidan pada ekstrak rumput laut juga dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh. Mengonsumsi puding juga dapat menjadi alternatif bagi Sase Lovers yang ingin cepat kenyang tetapi khawatir akan mengalami kenaikan berat badan.