Nyesel Baru Tahu Sekarang! Ternyata 2 Kebiasaaan Wanita Ini Jadi Penyebab Penyakit Pada Vagina, Anda Sering Melakukannya?

By Marcel Mariana, Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:40 WIB
Kebiasaan wanita ini bisa jadi penyebab infeksi pada vagina (Tribun Manado - Tribunnews.com)

Sajiansedap.com - Apakah anda tahu Bacterial vaginosis (BV)?

Infeksi bakteri vagina ini merupakan penyebab paling umum dari keputihan abnormal yang terjadi pada wanita usia reproduksi (wanita yang belum mengalami menopause).

Penyakit infeksi ini adalah hasil dari pertumbuhan berlebih dari salah satu bakteri yang secara alami ditemukan beberapa di organ intim wanita.

Pada kondisi normal, biasanya,bakteri "baik" (lactobacilli) lebih banyak daripada bakteri "jahat" (anaerob).

Tetapi pada wanita dengan bakterial vaginosis, terdapat terlalu banyak bakteri anaerob, sehingga mereka mengganggu keseimbangan alami mikroorganisme di organ intim yang kemudian menyebabkan infeksi bakteri vagina.

Baca Juga: WANITA WAJIB CATAT! Sering Malas Ganti Pembalut Saat Haid? Waspada Penyakit Mematikan Ini Bersarang dalam Tubuh

Vaginosis bakterial umumnya menyerang wanita berusia 15 hingga 44 tahun.

Dimana dalam beberapa kasus penyakit infeksi ini mungkin tidak menunjukan gejala.

Namun infeksi bakteri vagina juga dapat menyebabkan keluarnya cairan tipis berbau "amis" dan menyebabkan iritasi pada organ intim wanita.

Vaginosis bakterial dikaitkan dengan hasil obstetri dan ginekologi yang buruk seperti kelahiran prematur, infeksi setelah operasi seperti histerektomi, dan dapat membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi menular seksual, terutama HIV.

Semetara itu dilansir dari mayoclinic.org, terdapat kebiasaan wanita sehari-hari yang ternyata dapat menjadi faktor risiko terjadinya infeksi bakteri vagina.

Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.