Tak Perlu Panik, Ini 4 Tips Menghilangkan Noda Kunyit pada Pakaian  

By Nana Triana, Selasa, 30 November 2021 | 16:36 WIB
Kunyit menjadi salah satu bumbu masak yang paling rentan menodai pakaian. (Dok. Shutterstock)

Sajiansedap.co.id – Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi Sase Lovers. Terlebih, apabila masakan dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dan cita rasanya mendapat pujian.

Namun, kegiatan memasak seringkali meninggalkan pekerjaan yang tidak sedikit. Tidak hanya mencuci peralatan masak saja, tetapi juga mencuci pakaian dan celemek atau baju yang sering kali terkena noda bumbu masak. Salah satu bumbu makanan yang paling rentan menodai pakaian adalah kunyit.

Kunyit merupakan rempah yang dikenal sebagai penyedap dan pemberi warna alami pada beragam masakan Indonesia. Banyak masakan menggunakan kunyit, seperti ayam goreng kuning, soto ayam, pepes, dan nasi kuning.

Cara menggunakan kunyit dalam memasak masakan Indonesia biasanya ditumbuk, diblender halus, atau dipotong-potong kecil. Saat memprosesnya, cipratan kunyit atau noda kunyit yang menempel di jari-jari bisa mengenai pakaian atau celemek.

Baca Juga: Resep Tempe Goreng Daun Kunyit, Menu Sederhana Dengan Balutan Bumbu yang Super Gurih

Nah, supaya proses memasak tidak perlu lagi mengkhawatirkan risiko baju atau celemek bernoda kuning, menurut The Spruce Eats, berikut beberapa trik yang bisa Sase Lovers coba.

  1. Menggunakan bahan alami

Tidak semua jenis dan warna kain dapat dibersihkan dengan pemutih. Oleh sebab itu, cek dulu label perawatan pakaian. Apabila jenis kain tidak boleh di-bleach, gunakan air perasan lemon atau cuka sebagai alternatif.

Siramkan perasan lemon atau cuka ke bagian yang ternoda kunyit. Kemudian, diamkan selama 15 menit. Anda bisa mendiamkan pakaian sambil menyelesaikan masakan. Lalu, langsung cuci pakaian dengan deterjen.

Namun, jangan memasukkannya ke mesin cuci dan mencampurnya dengan pakaian lain. Cuci terpisah, kucek dengan lembut hingga noda memudar. Apabila belum pudar, ulangi lagi proses merendam dengan air lemon dan deterjen lalu kucek dengan halus.

  1. Cuci dengan air dingin

Saat mencuci pakaian yang ternoda kunyit, balik pakaian hingga bagian dalam berada di luar. Kemudian, cuci dengan air dingin. Jangan sesekali menggunakan air hangat atau panas. Sebab, panas akan menyebabkan noda mengeras. Gunakan deterjen lembut dan campurkan sedikit baking soda supaya noda mudah terlepas.

Agar noda lebih mudah hilang, Sase Lovers sebaiknya langsung menyiram bagian yang bernoda dengan air dingin. Apabila pakaian atau celemek masih dipakai, gunakan es batu. Oleskan pada bagian yang bernoda.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Bumbu Kacang, Hidangan Utama Dengan Rasa yang Cukup Lengkap