SHOCK BANGET! Dianggap Sehat, Dokter Boyke Peringatkan Kaum Hawa Jangan Sering-sering Makan Tempe! Bisa Sebabkan Kista yang Berakhir Kemandulan

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:10 WIB
Tempe dan dr. Boyke ()

SajianSedap.com  - Siapa di sini yang suka makan tempe ?Selama ini, tempe dianggap sebagai makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh.Saking menyehatkannya, banyak juga orang yang percaya kalau konsumsi tempe bisa menyembuhkan berbagai penyakit.Padahal dokter Boyke justru menyarankan kaum wanita untuk tak terlalu sering makan tempe, lo.Efeknya bisa sebabakan kista yang berakhir pada kemandulan.Kok bisa ya ?Dokter Boyke peringatkan kaum hawa soal makanan pemicu kistaSebagai informasi, kista dan myom sama-sama jenis tumor.

Namun keduanya memiliki perbedaan.

Baca Juga: Terbongkar Rahasia Pedagang, Begini Cara Bikin Siomay Dimsum yang Kenyal dan Bikin Nagih, 1 Bahan Ini yang Harus Ditambahkan

Mengutip Kompas.com, kista tumbuh di indung telur (ovarium), sedangkan myom berada di otot rahim.Wujud keduanya pun berbeda: kista berbentuk kantung cairan, sedangkan myom berbentuk padat.Hingga saat ini, belum diketahui penyebab munculnya penyakit kista dan myom pada wanita."Berbeda dengan kista yang tumbuh di luar rahim. Di sini letak perbedaannya," kata Martin Walean, dokter kandungan RS Permata Bunda.Apabila kista ovarium berbentuk kantong yang berisikan cairan, mioma berbentuk padat.Menurut Boyke Dian Nugraha, ahli kandungan dari Klinik Pasutri Tebet, Jakarta, untuk bisa membedakan kista dan mioma dapat dilakukan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) empat dimensi."Karena, cukup sulit membedakan keduanya dengan pemeriksaan konvensional," katanya.Boyke menambahkan, saat ukuran kista dan mioma mulai membesar, diperlukan penanganan khusus, misalnya tindakan pengangkatan laparoskopi dan laparatomi."Tindakan ini hanya disarankan kepada wanita, yang ukuran kista atau miomanya di atas 5 sentimeter," ungkap Boyke.

Baca Juga: Saking Kinclongnya, Kompor Gas di Rumah Akhirnya Bisa Bersih Lagi, Modalnya Cuma Pakai 2 Bahan Dapur Ini Saja!

Meski belum diketahui penyebab munculnya kista ataupun mioma, Mulyadi Tedjapranata menyatakan bahwa kedua tumor jinak itu dapat dihindari dengan penerapan pola hidup yang sehat dan berkualitas.Untuk menghindari kedua penyakit tersebut, saran Boyke, ada baiknya kaum wanita mengurangi asupan makanan yang dapat memicu produksi hormon estrogen, seperti tahu dan tempe, atau kacang kedelai. "Itu bisa merangsang timbulnya mioma," tandas Boyke.Pola hidup sehat lainnya, timpal Mulyadi, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan sering mengonsumsi makanan kaya serat.Selain itu, hindari pemberian zat tambahan pada makanan. Yang paling penting adalah rutin berolahraga."Kebiasaan rokok dan alkohol jelas harus dihentikan. Kalau bisa, juga hindari stres," tegas Mulyadi.Meski hanya 0,1% dari total kasus tumor jinak ini yang berkembang menjadi kanker ganas, menurut Martin, bukan tidak mungkin ke depannya akan makin banyak perempuan yang mengidap kista atau mioma."Jika tidak dicegah sedari dini, kista dapat tumbuh jadi kanker ovarium mematikan," kata dia.Saat ini, menurut Martin, kanker ovarium merupakan penyebab kematian utama pada kasus penyakit ginekologi di Amerika Serikat.Di negeri Paman Sam itu, kanker ovarium merupakan penyakit kelima yang menyebabkan kematian perempuan setelah kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan pankreas.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Ketemu Juga Caranya Bikin Bihun Goreng Mirip Abang-abang, Hasilnya Gak Bakal Menggumpal di Wajan, Pakai 2 Trik Ini saat Dimasak

Catatan saja, di AS, sebelum tahun 1998, kasus kanker ovarium pada perempuan berusia di bawah 50 tahun mencapai 5,3 per 100.000 kasus.Angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 1998 tercatat merudi 41,4 per 100.000 kasus yang menimpa perempuan di atas 50 tahun.Melanie Soebono Divonis Kista Sampai Harus Angkat RahimSelama ini dirahasiakan, terungkap musisi Melanie Subono baru saja jalani operasi pengangkatan tumor.Selama ini terlihat aktif dan bugar, sang manager Yulia Dian akhirnya bongkar Melanie derita tumor sejak menstruasi pertama."Sejak pertama mengalami menstruasi, berapa belas tahun dia sudah punya kelainan darah," kata Yulia, Minggu (24/10/2021), mengutip Warta Kota.Kelainan darah itu akhirnya membentuk kista, myom, hingga tumor di tubuh putri Arie Subono itu. "Gumpalan darah yang membeku pada Melanie Subono itu ada yang ganas dan tidak ganas," sambung Yulia.Terlepas dari kondisi hingga genetik, setiap wanita bisa saja idap kista hingga miom. Dokter Boyke pun sempat wanti-wanti soal hal ini.

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Tetangga Sering Masukkan Kulit Pisang ke Minyak Goreng sebelum Memasak, Setelah Coba Sendiri Efeknya Sungguh Diluar Dugaan, Nyesel Gak Tahu dari Dulu

Tiga bulan lalu, perut Melanie membengkak hingga membentuk masa 1,3kg, padahal berat perut normal hanya 200-300gr saja.Melanie pun menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat, sejak Kamis (21/10/2021).Terungkap, Melanie menjalani operasi tumor pertama saat SMA. Saat itu, ditemukan gumpalan sebesar 7x8cm di perut."Sampai tahun ini sudah ada enam sampai tujuh kali operasi macam-macam," ucap Yulia Dian.Yulia mengaku kista sudah menyebar dan berjenis macam-macam, diantaranya kista biasa, ovari, kista darah, hingga rahim.Melanie Subono pun harus relakan rahimnya diangkat. Ia pun terancam tak bisa lahirkan anak.Melanie memang punya kondisi dalam tubuh yang membuatnya rentan idap tumor hingga kista.Namun, penyakit kista hingga tumor bisa intai tiap wanita, tanpa memandang umur hingga kondisi kesehatan.Artis seperti Kamasean Matthew hingga Dinda Kirana juga sempat derita penyakit kista hingga harus jalani operasi.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pola Hidup Sehat Cegah Kista dan Mioma"