Jadi Rahasia Pedagang Warteg, Begini Cara Agar Ikan Goreng Tidak Nempel Lagi Di Penggorengan, Ternyata Pakai Wajan ini

By Marcel Mariana, Selasa, 22 Maret 2022 | 06:10 WIB
cara agar ikan tidak menempel di penggorengan (Sajian Sedap)

Sajiansedap.com - Apakah anda salah satu penggemar ikan?

Jika iya, ada hal yang harus anda ketahui.Hal ini berkaitan dengan cara menggoreng.Menggoreng ikan termasuk yang sangat mudah.Cukup modal minyak goreng, masukkan ikan ke penggorengan, tinggal tunggu matang.Namun, ada kendala yang jadi masalah besar jika dibiarkan.Ikan yang menempel di penggorengan.Tenang saja, ada cara mudah dan anti ribetnya kok.Berikut ini ulasan lengkap untuk anda.

Baca Juga: Pantas Saja Jadi Lalapan Favorit di Pecel Lele, Ternyata Makan Kemangi Mentah Bikin Tubuh Jadi Jarang Terkena Penyakit Kanker Hingga Depresi!

Cara Ikan Tidak Menempel di Penggorengan1. Jangan Cepat-Cepat DibalikSalah satu alasan utama ikan menempel dipenggorengan adalah ikan dibalik saat belum kering betul.Ikan yang masih basah ini membuatnya jadi lebih rentan lengket dan hancur kalau dipaksa dibalik.Jadinya, jangan balik ikan jika sisi ikan yang menempel di wajan belum benar-benar kering.2. Bahan yang Digunakan Harus TepatBiasanya, ikan goreng pasti dibumbui dulu sebelum digoreng.Nah, ternyata bumbu pada ikan juga bisa mempengaruhi apakah ikan akan menempel di wajan, lo.

Baca Juga: Harus Dihentikan! Ternyata Beli Ikan Tongkol dengan Ciri-ciri Ini Bisa Datangkan Petaka Mengerikan Untuk Kesehatan

Bumbu tersebut adalah bumbu yang punya rasa manis seperti gula atau kecap manis.Rasa manis tersebut bisa menjadi karamel dan karenanya bisa membuat ikan menempel di penggorengan.Jika ingin menambah rasa, Anda bisa merendamnya dalam kecap asin atau kecap ikan.3. Gunakan Wajan AntilengketMau lebih aman lagi? Gunakan wajan antilengket saja saat menggoreng ikan.Wajan antilengket tentu saja menjamin ikan tidak akan menempel pada penggorengan.Selain ikan goreng, ada juga cara mencegah ikan bakar gampang lengket.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini :

 Baca Juga: Resep Cakalang Suwir Pedas, Menu Makan Siang yang Sedapnya Kelewat Batas

 Cara mencegah ikan bakar lengket1. Alasi daun pisangJangan pasrah kalau ikan bakar menempel di alat panggangan.Alasi dulu panggangan dengan daun pisang, baru letakkan ikan di atasnya.Dijamin deh, ikan bakar tidak akan menempel di alat panggangan.Bonusnya lagi, aroma ikan bakar akan makin harum karena bercampur dengan aroma daun pisang.Kalau repot mencari daun pisang, kita bisa kok, menggunakan aluminium foil saja.Efeknya tetap sama.

Baca Juga: Resep Tahu Takwa Masak Taoco, Menu Makan Siang Sederhana yang Rasanya Luar Biasa

2. Taburi Dengan Tepung TeriguKalau membakar ikan dengan pan, kita bisa menggunakan cara yang satu ini.Taburi pan dengan sedikit tepung terigu.Sedikit saja, hanya untuk mengalasi pan.Baru kemudian letakkan ikan di atas pan dan panggang sampai matang.Dijamin, ikan bakar menempel di alat panggangan bisa kita hindari.3. Jangan Dibalik Sebelum KeringKadang, kita sering membalik ikan sebelum kering betul.Biasa, sih, karena takut jika ikan keburu gosong.