Banyak Dijual Pedagang Nakal! Jangan Pernah Beli Kurma Kalau Temukan Ciri-ciri Ini, Bisa Pelan-pelan Membunuh Seisi Rumah

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 2 April 2022 | 11:25 WIB
Penjual Kurma (Kompas.com)

SajianSedap.com - Di bulan Ramadhan, penjualan kurma biasanya meningkat pesat, lo.

Banyak orang soalnya terbiasa berbuka puasa dengan buah manis satu ini.

Penjual kurma dadakan juga muncul dimana-mana.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada pedagang nakal yang menjual kurma berkualitas buruk di pasaran?

Bahkan, kita pun sering terkecoh, lo.

Karena itu, jangan pernah beli kalau menemukan kurma dengan ciri-ciri ini karena bahaya banget.

Jangan Beli Kurma dengan Ciri IniBulan ramadhan selalu identik dengan kurma, buah satu ini kerap terhidang di meja untuk menu buka puasa.Beberapa orang juga memasukkan buah satu ini dalam menu sahur mereka.

Baca Juga: Buntil Daun Singkong Recipe, Even Die-Hard Meat Maniacs Will Love This

Tak heran jika saat Ramadhan 2022 tiba nanti, akan banyak orang yang membeli kurma untuk dikonsumsi.Namun, jika salah membeli kurma yang berkualitas tidak baik bahkan hingga ada bau tengik tentu akan membuat kecewa.Agar tak tertipu pedagang nakal saat membeli kurma, simak tips berikut ini.1. Lihat bagian kulitnyaSaat kamu akan membeli kurma, perhatikan bagian kulitnya terlebih dahulu.Kurma yang baik memiliki kulit yang mengkilap dan tidak terlalu kering.Jika terlalu kering, dikhawatirkan kurma itu merupakan produk lama.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Kok Baru Tahu? Cuma Minum Air Rebusan Jahe Dan Kurma Sebelum Tidur, Keesokan Paginya Pasti Bakal Kaget Dengan Perubahan Di Tubuh

2. Tekstur dagingBerikutnya perhatikan tekstur daging kurma, daging buah satu ini memang biasanya sedikit lembek.Tapi, jika terlalu lembek jangan dibeli.Kurma yang memiliki tekstur yang liat tapi tidak terlalu lembek sehingga tidak akan menggumpal di langit-langit mulut saat dikonsumsi.3. Warna kurmaJika warna kurma kurang merata, biasanya menandakan kurma belum matang sempurna.Sehingga, pilihlah kurma yang warnanya sudah merata.4. Ukuran kurmaKurma kering yang matang memiliki berat ideal sekitar 7 gram.Tapi tak perlu bawa timbangan kemana-mana untuk mengukurnya, kamu cukup mengukur dengan ruas jari saja.Kurma yang baik memiliki ukuran 1 sampai 2 ruas jari orang dewasa.Namun, hal ini tentu tak berlaku untuk jenis kurma yang memang berukuran jumbo seperti jenis kurma medjool.