Pemilik Bakery Bongkar Rahasia Bikin Nastar Premium Cuma Pakai Oven Tangkring, Hasilnya Bisa Kaya Pakai Oven Mahal Kalau Tahu Rahasia Ini

By Virny Apriliyanty, Jumat, 15 April 2022 | 10:50 WIB
Oven Tangkring dan Nastar (Instagram.com)

SajianSedap.com - Masih banyak orang Indonesia yang enggan bikin nastar sendiri di rumah.

Salah satu penyebab terbanyak adalah lantaran tak punya oven yang mumpuni.

Kebanyakan orang minder kalau cuma punya oven tangkring di atas kompor.

Soalnya, oven ini disebut jadul dan tak secanggih oven modern.

Padahal sebenarnya kita bisa bikin nastar cuma pakai oven tangkring, lo.

Ada triknya supaya berhasil dan hasilnya sempurna. Cara Bikin Nastar Pakai Oven TangkringSiapa yang ragu bikin kue kering karena hanya punya oven tangkring?Ya, oven tangkring memang masih jadi pilihna banyak orang karena harganya murah dan dirasa lebih praktis.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Tinggal taruh di atas kompor, oven ini sudah bisa digunakan.Namun, oven tangkring sebenarnya agak sulit dipakai karena tidak memiliki pengatur suhu dan api.Tapi, tahukah kamu kalau kita bisa loh menggunakan api atas bawah di oven tangkring.Berikut tipsnya yang bisa langsung kita aplikasikan di rumah.1. Lengkapi oven tangkring dengan termometer khusus oven untuk membantu kita mengatur suhu.Termometer ini bisa dibeli di pasaran.2. Sama seperti oven pada umumnya, masukkan kue saat oven telah mencapai suhu yang diinginkan atau saat sudah panas betul.3. Jika tidak punya termometer, kita harus sering-sering mengecek keadaan kue, jangan sampai kue gosong sebelum matang.Jika sebentar saja kue sudah menguning, segera kecilkan api.

Baca Juga: Dikasih Tahu Mertua Cara Masak Selai Nanas Tidak Meletup-letup! Ternyata Rahasianya ada Pada 1 Trik Ini, Pemula Pun Pasti Bisa

Itu pertanda api terlalu panas.4. Pastikan oven tangkring tidak diletakkan dalam keadaan miring supaya bentuk kue bagus dan matangnya rata.5. Kadang oven tangkring terlalu dekat dengan api kompor sehingga panasnya jadi tidak bisa diatur.Untuk itu, kita bisa menggunakan dua buah bata yang diletakkan di sisi kanan dan kiri tungku kompor.Batu bata ini akan jadi pijakan oven sehingga oven tidak tidak terlalu dekat dengan api atau tidak langsung mengenai api.6. Jika memanggang dengan rak bawah dan rak atas, selalu ingat untuk memindahkan rak.Karena api berasal dari bawah, kue di rak bawah sudah pasti akan lebih cepat matang.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.