Dikasih Tahu Pedagang Cara Bikin Bakso Sendiri Cuma Pakai Blender, Bisa Kenyal Banget Asal Tahu Trik Ini! Jaminan Berhasil

By Virny Apriliyanty, Kamis, 21 April 2022 | 09:50 WIB
Bakso Blender ()

SajianSedap.com - Banyak orang ragu bikin bakso sendiri di rumah karena takut perkara menggiling dagingnya.Padahal, bakso itu bisa dibuat cuma modal pakai blender, lo.Ya, pasti bisa kalau tahu caranya.Bahkan, bakso pakai blender ini dijamin bisa kenyal dan enak seperti buatan pedagang.Tapi, memang ada triknya.Nah, SajianSedap sudah merangkum caranya untuk Anda.1. Pakai Daging Apa? Untuk membuat bakso , bahan utama yang digunakan tentu saja daging sapi. Nah, untuk bakso urat, kita membutuhkan daging jenis sengkel.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Kita juga bisa membuat bakso dengan menggunakan daging ayam.Intinya, daging apa saja bisa kita pakai untuk membuat bakso.2. Blender Sampai Halus BetulNah, kala membuat bakso dengan blender, proses penghalusan daging harus betul-betul sempurna.Jadi, daging harus digiling di blender sampai halus betul.Kalau kurang halus, yang ada nantinya jadi mirip bola-bola daging dan bukan blender.Tapi pertanyaannya, blender tidak bisa jalan kalau hanya menggunakan daging saja kan?Karena itu, kita boleh menambahkan air ke dalam blender.Tapi ingat, air yang dipakai harus air dingin.

Baca Juga: Resep Mi Kuah Bakso, Menu Sarapan Serba Mi Dengan Kuah Kental yang Bikin Keluarga Semangat Makan

Tujuannya supaya bakso sapi nantinya bisa kenyal dan enak seperti buatan pedagang.3. Daging Harus DinginDaging harus dingin bakso bisa renyah.Simpan di dalam lemari es atau freezer dan begitu dikeluarkan, harus sebelum diblender.Untuk membuat daging tetap dingin selama  dibuat, maka air yang ditambahkan lebih baik dalam bentuk es.Serut atau tumbuk es agar memudahkan mesin bekerja.4. Tepung Dimasukan di Luar Blender

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Bakso Goreng Seafood, Camilan Sedap yang Selalu Bikin Lupa Waktu

Ketika proses penggilingan selesai di blender, keluarkan daging dan tambahkan tepung secara manual.Beda dengan food processor, blender tentu tidak bisa bekerja jika adonan daging sudah ditambahkan tepung.5. Membentuk BaksoMembentuk bakso harus padat dan harus licin permukaannya.Cara paling mudah. Kepalkan daging dengan posisi tangan berdiri.Daging akan keluar di antara jari jempol dan telunjuk.Lakukan berulang kali agar permukaannya licin.Bakso yang terbentuk segera dimasukkan ke dalam air panas, tidak di atas api.Tujuannya untuk membuat bakso segera kompak.

Baca Juga: Resep Bakso Daging Kuah Ketumbar, Ragam Menu Berkuah Sedap Untuk Makan Malam Nanti

Setelah bakso semua terbentuk, Anda tinggal merebusnya.6. Perebusan BaksoBakso yang sudah terapung, belum tentu sudah matang.Biarkan bakso terapung agak lama supaya matang sempurna terutama kalau ukuran bakso besar.Bakso yang sudah matang, harus segera diangkat dan ditiriskan agar tidak jadi mengembang.Bakso yang memuai, rasanya tak lagi enak.