Dari Muda Sampai Tua Gak Pernah Sakit, Ternyata Mertua Tiap ke Pasar Pasti Beli Ikan Murah Meriah Ini, Bisa Jadi Obat Kolesterol sampai Cegah Stroke

By Virny Apriliyanty, Jumat, 22 April 2022 | 15:10 WIB
Ikan (ontheluce.com)

SajianSedap.com - Kata orang ada harga ada kualitas.Artinya, barang-barang murah di sekitar kita pasti kalah kualitasnya dengan barang-barang mahal.Padahal nyatanya tak melulu selalu begitu, lo.Ada kalanya ketika ada bahan murah di pasar yang punya manfaat luar biasa, misalnya saja cegah stroke dan kolesterol.Ya, mulai sekarang kalau ke pasar pastikan membeli ikan jenis ini, ya.Harganya murah dan sering disepelekan padahal sebenarnya punya efek ampuh banget cegah aneka penyakit masuk ke dalam tubuh.Bahkan, ikan jenis ini juga sebenarnya punya rasa yang enak banget.Jadinya, keluarga bak makan obat dengan cara enak.Yuk, cari tahu ikan apakah ini.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Manfaat Ikan PatinSiapa yang baru tahu kalau manfaat ikan patin untuk kesehatan salah satunya adalah obat kolesterol alami?Ya, ikan patin punya manfaat kesehatan luar biasa sebagai obat alami berbagai penyakit.Jadi jangan ragu lagi mengonsumsi ikan patin untuk obat alamiIkan patin kerap dihindari karena teksturnya yang sangat berlemak.

Ikan patin bisa bantu cegah stroke
Namun semua bagian ikan patin bisa dimanfaatkan dan juga kaya akan asupan gizi yang baik untuk tubuh.Yuk, langsung simak infonya berikut ini!1. Mengurangi kandungan kolesterolKandungan lemak tak jenuh dalam patin dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Se-Indonesia Enggak Sadar! Makan Tape Singkong Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Kok Bisa?

Pasalnya ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol.Dalam 100 gram ikan patin saja, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol.2. Mencegah jantung koronerMemiliki kadar kolesterol rendah dalam darah membuat tubuh menjadi sehat.Terutama bagian jantung, sebab kadar kolesterol tinggi erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung.Memakan ikan patin pun tidak akan membuat aliran darah di dalam pembuluh darah tersumbat.3. Pencegahan kardiovaskularIkan patin mengandung lemak tak jenuh (baik) dan hampir 50% daging ikan patin mengandung gizi yang dapat membantu menyehatkan tubuh.Ikan patin dapat membantu mencegah risiko penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: Kolesterol Bisa Turun Dalam Sekejap, Modalnya Cuma Kacang Hijau yang Diolah Seperti Ini, Tak Akan Perlu Lagi Minum Obat Dokter

Penyakit ini seringkali menyerang bagian jantung yang bisa jadi penyakit mematikan.4. Membantu pembentukan ototIkan patin kaya akan protein yang tinggi.Protein dapat bekerja membentuk, mengencangkan, menambah massa, dan memperkuat otot.Selain itu ikan patin juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan terus naik dan tidak mudah terserang penyakit.5. Mengoptimalkan pertumbuhan bayiIkan patin sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan manfaat baik bagi pertumbuhan janin.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Mertua Mendadak Tak Pernah Kambuh Lagi, Selama Ini Ternyata Rajin Minum Ramuan Jahe, Jadi Gak Ketergantungan Obat Lagi

Hal ini karena adanya kandungan DHA dan manfaat omega 3 dalam patin.Kedua zat baik ini mampu menjaga kesehatan pertumbuhan janin agar tetap normal dan sehat.6. Menjaga kesehatan tulangTak hanya protein, ikan patin juga kaya akan fosfor dan kalsium tinggi.Kalau rutin memakan ikan patin, maka sama saja dengan membantu memenuhi fosfor dan kalsium dalam tubuh.Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi, sekaligus mengurangi risiko osteoporosis dini.7. Meningkatkan sel darah putihSel darah putih memiliki peran penting untuk melawan penyakit.Namun kelebihan sel darah putih juga tidak baik lho.

Baca Juga: Nyesel Gak Nyoba dari Dulu, Atasi Kolesterol Tinggi Modalnya Cuma Air Rebusan Serai Dicampur Daun Pandan, Obat Bisa Kalah Manjur!

Nah, fungsi dari ikan patin ini bukan untuk memperbanyak kandungan sel darah putih, tapi lebih tepatnya untuk meningkatkan fungsinya.8. Menambah kinerja otakIkan patin dikenal dengan omega-3 dan omega-6 tinggi, yang tidak kalah dengan ikan salmon.Salah satu manfaat dari dua kandungan itu adalah untuk memperlancar kinerja otak.Pantas saja ikan termasuk ikan tawar yang cukup mengagumkan.9. Membantu menaikkan trombositApabila trombosit rendah, maka risiko penyakit demam berdarah akan naik.Ikan patin kaya akan vitamin yang berkontribusi besar pada tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.Vitamin pada patin memiliki peran penting dalam menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.10. Mencegah strokeKadar kolesterol yang tinggi dapat berakibat terkena penyakit jantung.Saat jantung tak bisa mengalirkan darah dengan baik pada otak, maka tubuh dapat terserang penyakit stroke.Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa mengurangi kadar kolesterol dengan baik.