KABAR BAIK untuk Penderita Darah Tinggi! Cuma 5 Menit Rebus Terong sampai Layu dan Makan Tiap Hari, Jangan Kaget Saat Cek Tensi Seminggu Kemudian

By Virny Apriliyanty, Selasa, 26 April 2022 | 15:10 WIB
Terong Rebus (Youtube.com/ The Native Couple)

SajianSedap.com - Sebenarnya, terong punya banyak manfaat untuk kesehatan, lo.Hanya saja, orang Indonesia terbiasa hanya menggunakannya sebagai lauk dan sayur.Tentu saja hal ini sayang sekali kan?Apalagi harga terong di pasaran termasuk sangat murah.Makanya, coba deh mulai hari ini rebut terong selama 5 menit sampai layu dan makan rutin selama seminggu.Efeknya bisa bikin seisi rumah kaget.Manfaat Terong RebusMeskipun harganya murah meriah, manfaat terong untuk kesehatan tak boleh kita ragukan, nih.Untuk mendapatkan nutrisinya, kita cukup rebus terong selama 5 menit saja, ya.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Melansir Taste of Home, berikut beberapa manfaat rutin mengonsumsi terong rebus untuk kesehatan:1. Menyeimbangkan kadar gula darahDiabetes jadi salah satu penyakit yang banyak dialami orang di berbagai penjuru dunia.Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah.Bila tak segera diatasi, diabetes bisa memicu berbagai penyakit komplikasi yang menyakitkan.Rutin makan terong rebus bisa membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga sangat bagus untuk mencegah serta mengatasi penyakit diabetes.Terong mengandung serat yang tinggi sehingga bisa menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju pencernaan.Bila laju pencernaan melambat, maka bisa juga memperlambat penyerapan gula.Penyerapan gula yang lebih lambat tak hanya menjaga keseimbangan kadar glukosa, namun juga bisa mencegah lonjakan kadar gula darah.

Baca Juga: Mudanya Sering Makan Petai Kukus, Gak Disangka Kakek Ini Bisa Terhindar dari Penyakit Mengerikan Ini, Jangan Ragu Coba

2. Menurunkan tekanan darah tinggiTekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan bila tak segera diatasi, seperti stroke.Tahukah Anda bahwa rutin makan terong rbeus bisa membantu menurunkan tekanan darah.Terong bisa membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung antosianin.3. Meningkatkan kesehatan tulangSaat usia menginjak 50-an, sangat rentan orang mengalami osteoporosis.Pengeroposan tulang seperti osteoporosis bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya kekurangan mineral.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Obat Diabetes Bisa Tak Terpakai Lagi, Cuma Modal Jeruk Nipis Ternyata Ampuh Bikin Gula Darah Tinggi Kembali Normal, Begini Caranya

Rutin makan terong rebus bisa membantu mengurangi risiko osteoporis dan bisa meningkatkan kepadatan tulang.Terong bisa efektif meningkatkan kesehatan tulang karena kaya zat besi dan kalsium yang merupakan dua mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang.4. Mencegah penuaan diniTerong merupakan makanan yang kaya vitamin C.Vitamin C bisa berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.Vitamin C juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan lainnya seperti munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik hitam.Dengan segudang manfaat tersebut, masih ragu makan terong rebus setiap hari?Belimbing Wuluh Bisa Turunkan Darah TinggiMengutip dari buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran, belimbing wuluh mengandung provitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta besi, kalsium, fosfor, dan kalium/potasium.

Baca Juga: Jangan Mau Minum Obat Terus, Tekanan Darah Tinggi Bisa Seketika Turun Cukup Modal Daun Kemangi, Begini Cara Mengonsumsinya

Melansir dari buku Tanaman Obat Keluarga, karya Fauziah, belimbing wuluh mengandung cukup banyak zat aktif seperti saponin, tanin, peroksida, asam format, glukosa, kalsium oksalat, dan sulfur.Kandungan tersebutlah yang membuat belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal, salah satunya bisa menurunkan darah tinggi.Tekanan darah tinggi tidak boleh Anda sepelekan.Sebab, tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit kronis seperti stroke dan jantung. Belimbing wuluh dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda.Hal ini disebabkan belimbing wuluh mengandung kalium yang berperan sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh.Untuk mengobati darah tinggi, Anda cukup siapkan tiga buah belimbing wuluh dan empat gelas air.Siapkan juga 12 gram biji srigading.Anda bisa membelinya di toko online atau toko obat herbal terdekat.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Bisa Tenang Seumur Hidup, Tekanan Darah Nggak Akan Melonjak Lagi Kalau Rutin Makan Pisang Yang Diolah Seperti Ini, Efeknya Cespleng!

Anda tumbuk biji sriganding sampai halus.Setelah itu, Anda rebus serbuk biji sriganding bersama dengan belimbing wuluh dan empat gelas air. Anda dinginkan saring air rebusan belimbing wuluh yang sudah mendidih.Lalu minum air rebusan tersebut satu gelas per hari.Lakukan secara rutin untuk mendapat khasiatnya.