Pantas Mertua Gak Pernah Kosong Stok Alpukat di Rumah, Kalau Dimakan Tiap Hari Efeknya Bisa Bikin Lepas Minum Obat Seumur Hidup

By Virny Apriliyanty, Minggu, 8 Mei 2022 | 17:10 WIB
Terungkap Cara Pedagang Buah Memilih Alpukat yang Matang Sempurna, Tidak Busuk dan Legit Dagingnya, Gampang Lo! (Tribunnews.com)

SajianSedap.com - Aplukat pernah dinobatkan sebagai salah satu buah paling sehat di dunia, lo.Ia termasuk dalam salah satu superfood yang bisa mencegah kanker.Namun, orang Indonesia masih belum menjadikan alpukat sebagai buah sehari-hari.Padahal hal ini sayang banget, lo.Soalnya, konsumsi alpukat tiap hari bisa bikin kita lepas minum obat seumur hidup.Penasaran? Simak penjelasannya, ya.Manfaat Alpukat untuk KolesterolTingginya kadar kolesterol bisa memicu sederet penyakit berisiko lainnya.Berbagai macam penyakit seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit lainnya akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman kita bisa melakukannya dengan pola makan yang sehat.Hal ini dilakukan karena semua makanan yang dikonsumsi nantinya sangat memengaruhi kadar kolesterol.Tak perlu makanan mahal untuk mengontrol kadar kolesterol.Kita bisa mengandalkan alpukat agar bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.Dilansir Healthline alpukat jadi salah satu buah yang sehat karena tidak memiliki kolesterol sama sekali.Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.Sehingga dengan kandungan ini menjadikan alpukat sebagai makanan yang menyehatkan jantung.Menurut penelitian yang diterbitkan oleh the Asosiasi Jantung Amerika menyatakan mengonsumsi satu buah alpukat per hari dapat menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat.Rupanya manfaat alpukat bukan hanya menurunkan kadar kolesterol jahat saja.

Baca Juga: Bisa Bebas Ketergantungan Obat, Kolesterol Tinggi Bisa Lenyap Cuma Modal Sayur untuk Bahan Sop Ini, Hasilnya Bikin Sujud Syukur!

Tetapi studi lain menemukan bahwa makan alpukat saat makan siang dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang lebih lama.Alpukat sangat cocok dimakan untuk orang-orang yang sedang menjalani penurunan berat badan.Orang dewasa yang kelebihan berat badan tak ada salahnya untuk makan alpukat dalam makanan diet harian.Para peneliti juga menyarankan bahwa alpukat berperan positif dalam mengurangi kadar gula darah.Kandungan vitamin C dalam alpukat juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.Begitu juga dengan vitamin K yang baik untuk kesehatan darah sedangkan folat untuk fungsi sel dan jaringan.Sedangkan vitamin B6 di alpukat berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, serat, dan masih banyak lagi.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Pantas Mertua Sering Buat, Air Rebusan Jahe Ditambah Serai Ternyata Bisa Hempas 3 Penyakit yang Sering Serang Bapak-bapak, Wajib Coba!

Sebenarnya mengonsumsi alpukat yang dimasukkan ke dalam waktu makan tidaklah sulit.Tetapi karena rasa dan teksturnya membuat sebagian orang kurang menyukai alpukat.Jika merasa mual saat makan alpukat secara langsung, kita bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus.Atau bisa juga menambahkan alpukat untuk salad.Pilih alpukat yang memang sudah matang agar tidak terasa pahit saat dimakan.Alpukat yang matang juga lebih mudah untuk dimakan dibanding yang masih mentah.Minum Air Rebusan Daun Alpukat untuk Darah TinggiDiketahui bahwa daun alpukat memiliki senyawa aktif yang bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya darah tinggi.Para penderita darah tinggi bisa langsung manfaatkan daun alpukat sebagai obat alami, nih.

Baca Juga: Tak Perlu Lagi Risau Bolak-balik Beli Obat, Modalnya Cuma Terong Sudah Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dalam Tubuh, Ini Rahasianya

Khasiat daun alpukat untuk darah tinggi memang terbukti.Dilansir Turkey Gazette, antioksidan dalam daun alpukat membantu mengundurkan pembuluh darah.Daun alpukat memberikan tekanan darah yang lebih rendah.Meskipun ini tidak akan menurunkan LDL atau kolesterol jahat.Tak hanya itu, antioksidannya juga dapat menghilangkan radikal bebas di tubuh.Antioksidan ini dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses radikal bebas, sehingga menjaga tubuh tetap sehat.Dengan senyawa quercetin radikal bebas bisa menghilang dari tubuh.Untuk hasil terbaik Anda bisa seduh sendiri teh daun alpukat di rumah.Minum teh daun alpukat tiga kali atau lebih per minggu, dengan cara memasak yang benar.

Baca Juga: Bisa Tenang Setelah Makan Opor Ayam, Kolesterol Gak Bakal Melonjak Kalau Minum Air Rebusan Daun Suji, Obat Dokter Lewat

Cara membuatnya juga sangat sederhana, kok!1. Pertama siapkan 5 lembar daun alpukat, kemudian cuci bersih daunnya dengan benar.2. Ambil wadah dengan 1-2 gelas air dan tambahkan daun alpukat ke dalamnya, Didihkan.3. Anda bisa merebus daun alpukat hingga benar-benar mendidih selama 10 menit.4. Untuk menambah rasa, coba tambahkan pemanis alami seperti madu.5. Matikan api dan saring teh ke dalam cangkir.6. Minum teh daun alpukat untuk darah tinggi selagi masih hangat.Kini, Anda bisa memanfaatkan daun alpukat yang selama ini dibuang sebagai obat alami.Tetapi, jika darah tinggi tak kunjung menurun sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengurangi terjadinya komplikasi penyakit akibat darah tinggi.