Mertua Baik Hati Buka Suara, Cukup Tambahkan Bahan Rahasia Ini Bisa Bikin Nasi Merah Sepulen Nasi Putih, Keluarga Pasti Gak Nolak Makan Lagi

By Virny Apriliyanty, Kamis, 19 Mei 2022 | 07:50 WIB
Cara masak nasi merah semudah masak nasi putih (Tribunnews)

SajianSedap.com - Semua orang tahu kalau nasi merah jauh lebih sehat dari nasi putih.Tapi, banyak juga orang yang mundur karena rasa nasi merah yang kurang enak.Penyebabnya lantaran nasi merah punya tekstur yang kasar dan terasa tak pulen.Namun, sebagai ibu kita harus lebih pintar menyiasatinya.Salah satunya adalah dengan cara menambahkan bahan ini supaya nasi merah bisa sepulen nasi putih.Keluarga dijamin gak nolak kalau dikasih.1. Gunakan Air yang Lebih BanyakSetelah beras dicuci, langkah selanjutnya adalah memasak beras.Mau dikukus dengan dandang atau menggunakan rice cooker, semua sah-sah saja.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Asal jumlah air yang digunakan lebih banyak daripada saat memasak nasi putih.Buat perbandingan sebanyak 3:1, yaitu 3 gelas air untuk 1 gelas beras merah.Hal ini bertujuan agar nasi merah jadi pulen dan tidak keras.2. Dicampur dengan Beras PutihMencampur beras merah dan beras putih juga bisa membuat hasil nasi merah jadi tidak keras.Perbandingannya bisa 1:2 dan bisa disesuaikan mau lebih banyak menggunakan beras yang mana.Penggunaan airnya pun tergantung dari beras.Jika lebih banyak menggunakan beras merah, maka penggunaan airnya tetap harus lebih banyak.Pencampuran ini bisa jadi cara bagi Anda yang baru mau mengganti nasi putih ke nasi merah.

Baca Juga: Tetap Langsing Walau Punya Banyak Anak, Cara Diet Ussy Sulistiawaty Bisa Turunkan Berat Badan Sampai 19 Kg, Masih Bisa Makan Mi dan Nasi

Jadinya, lidah tidak kaget karena tiba-tiba berganti nasi.3. Selalu Dalam Keadaan HangatKalau memasak nasi merah dengan cara dikukus, setelah matang, segera pindahkan ke rice cooker, ya!Karena kalau dibiarkan pada suhu ruang, nasi merah akan cepat mengeras.Lebih baik selalu simpan nasi merah dalam keadaan hangat agar tetap empuk dan tahan lama.Demikian tips agar nasi merah tidak keras.Saatnya memulai hidup sehat.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Bumbu Bakar, Menu Sarapan Super Sedap yang Paling Ditunggu Untuk Disajikan

Semoga tips ini bermanfaat!Jangan Mencuci Beras di Wadah Rice CookerSatu kebiasaan yang sering dilakukan adalah mencuci beras langsung di dalam panci.Hal ini dilakukan demi faktor kepraktisan. Jadi, tinggal mencuci di wadah rice cooker, lalu memasaknya.Irit cucian kan? Namun ternyata, langkah ini salah besar!Pasalnya, tekstur beras yang keras juga bisa menggores lapisan antilengket, lo!Alhasil, lama kelamaan wadahnya akan mengelupas dan tampilannya tidak cantik lagi.

Baca Juga: Akhirnya Tahu Juga, Cara Masak Nasi Merah Supaya Pulen, Cuma Pakai 2 Trik Ini, Gak Perlu Dicampur Bahan Apa-apa

Belum lagi, kelupasannya bisa berbahaya jika bercampur ke dalam beras yang akan kita makan, lo.Sebagai informasi, lapisan antilengket pada wadah rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic yang juga digunakan pada proses pembuatan wajan teflon.PFOA sempat menjadi topik perdebatan hangat di dunia kesehatan.Bahan kimia ini bersifat kanker (karsinogenik) dan diyakini lama kelamaan bisa mengendap dalam tubuh bila Anda terpapar secara terus-menerus.Selain itu, wadah yang mengelupas membuat nasi juga bisa menempel dan berkerak.Jadi, hindari kebiasaan ini mulai dari sekarang.Lebih baik cuci beras pada wadah terpisah dan baru masukkan ke panci saat sudah bersih.