100 Kali Lebih Ampuh dari Obat, Tanaman Liar di Depan Rumah Ini Ternyata Bisa Bikin Darah Tinggi Turun Selamanya! Sampai Dijual Mahal Di Luar Negeri

By Virny Apriliyanty, Minggu, 22 Mei 2022 | 17:25 WIB
Manfaat ciplukan untuk atasi beragam masalah di tubuh (Tribunnews)

SajianSedap.com - Obat darah tinggi memang tidak mahal.

Tapi kalau harus dikonsumsi seumur hidup, coba hitung berapa mahal biayanya.

Padahal sebenarnya ada banyak obat alami darah tinggi di sekitar kita, lo.

Salah satunya adalah tanaman yang tumbuh liar di samping rumah ini.

Ya, tanaman ini bahkan dihargai mahal di luar negeri saking bermanfaatnya.

Jangan sampai rugi karena tak tahu.

Buah Ini Dijual Mahal di Luar Negeri

Tahu buah ciplukan yang biasa tumbuh liar di sekitar pekarangan, tegalan atau sawah kering?Banyak dikira sebagai tanaman biasa, siapa sangka kalau ciplukan merupakan buah dengan manfaat luar biasa.

Baca Juga: Jangan Mau Bergantung Obat! Cuma Modal Minum Air Timun, Tekanan Darah Tinggi Langsung Terkontrol Kurang Dari 10 Menit

Tanaman yang tumbuh liar ini biasanya diabaikan oleh banyak orang.Padahal, di negara lain khususnya Brunei Darrusalam, buah ciplukan bisa dijual mahal dengan harga satu biji berkisar Rp10 ribu.Bahkan di Jakarta, Indonesia yang terhitung banyak sekali ditumbuhi buah ciplukan harga perkilonya bisa mencapai Rp 500 ribuan.Melansir dari Kompas.com, ternyata khasiat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh tidak main-main, loh!

Dari buku Ragam dan Khasiat Tanaman Obat (2008) oleh Hieronymus Budi Santoso, tanaman ciplukan punya zat bermanfaat, antara lain:

- Buah mengandung vitamin C, asam sitrus, fisalin, zat gula, tanin, kriptoxantin, asam malat dan alkaloid.- Akar dan batangnya mengandung saponin dan flavonoid.- Daun mengandung polifenol dan asam klorogenat.- Bijinya mengandung asam elaidik.