Santan Instan Kalah Awetnya! Tukang Kelapa Ungkap Cara Supaya Santan Bisa Awet Berbulan-bulan Tanpa Pengawet, Cuma Lakukan 1 Hal Ini

By Virny Apriliyanty, Jumat, 17 Juni 2022 | 10:50 WIB
Cara supaya santan bisa awet berbulan-bulan cuma dengan menggunakan 1 trik ini ()

SajianSedap.com - Ternyata ada cara supaya santan bisa awet.

Cara supaya santan bisa awet ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan, lo. 

Sayangnya, banyak orang belum tahu cara supaya santan bisa awet. Padahal sebenarnya santan juga bisa banget, lo, distok dan disimpan.Kuncinya cuma dengan tahu cara menyimpannya.Yuk, intip bersama.Cara Supaya Santan AwetMenjelang Lebaran seperti sekarang ini, santan jadi makin dibutuhkan.Pasalnya, hampir semua hidangan wajib Lebaran menggunakan santan mulai dari opor ayam, sayur godong, rendang, sambal kentang dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Karena itu, daripada memakan waktu memeras santan, lebih baik kita buat saja stok santan dari sekarang.Menyimpan santan tidak boleh sembarangan.Bahan dari kelapa parut ini sangat mudah basi dan tengik.Salah-salah, santan malah tidak bisa digunakan.Untuk membuat stok santan kita harus tahu cara tepat mengolahnya supaya lebih awet dan tahan lama.Santan Untuk Seharian1. Rebus santan di atas api kecil sampai mendidih. 2. Jangan langsung matikan api. Biarkan mendidih terus selaam 5 menit. 3. Setelah itu matikan api, tetap aduk terus santan sampai uapnya hilang. Pengadukan di lakukan supaya santan tidak pecah atau terpisah.

Baca Juga: Resep Ikan Goreng Sambal Santan Super Gurih Ini Bisa Dibuat Dengan 3 Langkah Mudah!

4. Dinginkan santan tanpa ditutup karena uap bisa membuat santan jadi lebih cepat basi. 5. Simpan dalam wadah kedap udara dalam lemari es. 6. Santan ini bisa bertahan sampai keesokan harinya.Santan Untuk Waktu LamaJika santan ingin disimpan sampai satu bulan misalnya, tambahkan garam ke dalam rebusan santan.Lalu dinginkan. Wadahi dalam wadah kedap udara.Masukkan ke dalam freezer.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Bukan Buat Bikin Santan, Coba Oles Kelapa Parut Ke Rambut dan Diamkan Semalaman, Jangan Kaget, Uban Bisa Bersih Tanpa Tesisa Sehelaipun

Hidangari wadah terbuka atau yang berbahan logam jika ingin menyimpan santan.Lebih baiknya lagi jika santan kita simpan dalam ukuran sekali pakai. Jadinya santan akan lebih awet. Santan yang sudah distok ini bisa digunakan untuk aneka hidangan Lebaran.Bisa juga untuk takjil berbuka, lo.Misalnya saja kolak, es campur atau saus kinca.Jadinya kita tidak perlu repot memeras santan setiap hari kala membuat takjil.Pekerjaan makin praktis dan memasak juga makin menyenangkan.Yang penting, selalu ingat cara tepat membuat stok santan yang awet agar masakan Lebaran jadi praktis.Cara Menyimpan Santan yang Benar Agar Tahan Lama

Baca Juga: Sandingkan Resep Sayur Godog Tahu Enak Dengan Nasi Hangat Agar Rasanya Semakin Mantap

Executive Sous Chef Shangri-La Hotel Jakarta, Rizky Wijatmoko juga pernah menyampaikan beberapa tips dan trik untuk menyimpan santan dengan baik agar tidak mudah basi.Pertama, untuk mendapatkan sangan kualitas bagus lebih baik pilih kelapa parut yang juga memiliki kualitas baik pula.Kelapa parut yang kualiatasnya bagus adalah kelapa parut yang bersih dan benar-benar terpisah dengan kulitnya."Perbandingan santan dengan air bisa disesuaikan dengan keperluannya. Kalau mau mendapat santan yang kental perbandingannya adalah 1:1 dengan air, " kata Rizky kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2020).Cara memasak santan bisa dikukus terlebih dahulu, kemudian dinginkan dan simpan di dalam kulkas “Ini bisa dilakukan dengan cara kita masak dulu sampai suhu diatas 63 derajat Celcius selama 15 menit. Lalu kita cooling down sampai di suhu dibawah 5 derajat Celcius baru bisa kita simpan di kulkas,” papar Rizky.Santan adalah bahan makanan yang mudah pecah, lebih baik panaskan dengan terus diaduk dan terus menjaga suhu panasnya.Setelah santan dididihkan lebih baik didinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Kamu bisa mendinginkannya dengan cara berikut:- Masukkan santan yang sudah direbus ke dalam wadah seperti almunium.- Lalu siapkan wadah yang berbeda dan masukan es batu di dalamnya.

Baca Juga: Resep Kue Cokelat Santan, Kudapan Seru yang Bisa Meriahkan Segala Suasana

- Kemudiankan taruh wadah yang berisi santan di atas wadah yang berisikan es batu.- Dinginkan sampai suhu dibawah 5 derajat Celcius baru bisa disimpan di kulkas.- Jangan sampai santan dibiarkan dan didiamkan disuhu ruang lebih dari 2 jam.“Kalau santan banyak lebih baik dibedakan wadahnya agar lebih cepat dinginnya,” jelasnya. Jika sudah taruh santan pada sebuah wadah dan tutup rapat, kemudain diberi stiker penanda waktu. Santan bisa disimpan di dalam freezer dan bertahan lebih dari 1 bulan.Namun tidak sarankan menyimpan santan terlalu lama karena bisa mengurangi rasa santan.Santan yang langsung disimpan di dalam kulkas akan rawan rusak dan rasanya asam.“Kita bisa simpan di kulkas dua hari. Tapi saya sarankan satu hari saja karena ini high risk items,” paparnya.