Bingung Mertua Tiap Hari Gak Absen Minum Biji Selasih, Gak Tahunya Jadi Obat Alami Untuk Penyakit Sejuta Umat Ini, Rugi Kalau Gak Minum

By Virny Apriliyanty, Jumat, 17 Juni 2022 | 16:10 WIB
Manfaat biji selasih untuk kesehatan ternyata bisa memperbaiki kesehatan tulang dan otot (Kompas.com)

SajianSedap.com - Kapan terakhir kali Anda mengonsumsi biji selasih?Pasti Anda lupa saking lamanya sudah tidak mengonsumsi makanan satu ini kan?Ya, orang Indonesia jarang ada yang rutin mengonsumsi biji selasih.Biasanya, biji selasih cuma digunakan sebagai tambahan es campur atau minuman dingin lainnya.Padahal, biji selasih sangat baik jika dimakan rutin, lo.Konsumsi biji selasih bahkan bisa bikin penyakit sejuta umat ini gak mau datang.1. Baik untuk kesehatan tulang dan ototBerdasarkan label nutrisi produk A.S, 1 sendok makan (13 gram atau 0,5 ons) biji basil memasok 15% dari Referensi Harian Intake (RDI) untuk kalsiumSerta 10% dari RDI untuk magnesium dan zat besi.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Kalsium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot kita, sedangkan zat besi juga berpesan sangat penting untuk produksi sel darah merah.Banyak orang tidak mendapatkan cukup kalsium dan magnesium, tapi dengan rutin mengonsumsi biji selasih bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.Selain itu, biji selasih dapat menjadi sumber penting zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak makan daging atau produk susu.2. Mengandung banyak seratBiji selasih mengandung banyak serat yang dipercaya baik untuk kesehatan, 1 sendok makan (13 gram atau 0,5 ons) biji basil memasok 7 gram serat - 25% dari RDI.Kandungan serat yang tinggi ini membantu memelihara dan meningkatkan bakteri baik pada usus, selain itu juga dapat mengontrol kolesterol dan gula darah.3. Mencegah radikal bebasRadikal bebas dalam jumlah yang banyak akan dapat merusak sel, kerusakan tersebut membuat sel tidak berfungsi dengan baik.Sehingga dapat berujung pada beragam penyakit dan gangguan medis yang berujung pada kematian.

Baca Juga: Aturan Minum Madu yang Wajib Diketahui Semua Orang, Salah Takaran Bisa Bahaya bagi Tubuh

Biji selasih mengandung Flavonoid, senyawa ini akan bertindak sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kita dari kerusakan radikal bebas.4. Meredakan demamPakar kesehatan menyebutkan jika mengkonsumsi biji selasih ternyata mampu meredakan demam.Tak hanya itu, biji selasih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan signifikan.5. Mengontrol gula darahGula darah di dalam tubuh akan lebih terkontrol dengan baik kalau Anda mengonsumsi selasih setiap hari.Biji selasih membuat tubuh lebih sensitif dengan insulin sehingga gula yang ada di darah bisa digunakan menjadi energi dan kondisi seperti diabetes tidak terjadi.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Bapak-bapak Harus Tahu, Ini Efek Samping Minum Kopi Saat Perut Kosong yang Bisa Sebabkan Tubuh Sakit-sakitan

 Cara Menggunakan Biji Selasih untuk MakananBiji selasih bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan.Cara terbaik untuk mengolah biji ini dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.1. Langsung diolah dengan cara direndam dahulu dengan air hangat.2. Selanjutnya biji agak remas biji agar kotorannya keluar.3. Ganti air yang digunakan dengan yang baru dan tunggu hingga selaput kenyal pada biji keluar.Langsung campurkan biji yang sudah direndam ke dalam minuman seperti teh, sirop, atau minuman lain yang membutuhkan tekstur makanan unik.Anda juga bisa mencampurnya ke es campur yang Anda buat