Satu Keluarga Besar Gak Ada yang Kena Stroke, Ternyata Rahasianya Cuma Makan Ikan Murah di Pasar Ini Dua Kali Seminggu! Penyakit Mematikan Minggat

By Virny Apriliyanty, Jumat, 24 Juni 2022 | 10:50 WIB
Ikan di pasar ternyata ada yang bisa mencegah stroke bagi tubuh, lo. (viatgesbertfe.com)

Sajiansedap.com - Walau jadi salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia, nyatanya masih banyak orang yang tak awas akan sakit stroke. Sayangnya juga, sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab utama stroke.Namun yang pasti, penderita stroke biasanya akan memiliki masalah kardiovaskular.Karena itu, penting banget menjaga kesehatan tubuh supaya tidak terkena penyakit mematikan yang satu ini.Pasalnya, stroke kini juga menyerang para anak muda, bukan cuma orang-orang tua.Nah, kalau Anda termasuk yang takut terkena stroke, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi bahan-bahan makanan yang bisa menghindarkan kita dari stroke.Salah satunya adalah ikan murah di pasar ini.Ya, tak perlu mahal, makan ikan ini 2 kali seminggu saja, kita dan keluarga bisa terhindarkan dari stroke.Yuk, bersama kita simak.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Ikan yang Bisa Cegah StrokeMurah dan mudah dicari, ikan tersebut adalah ikan patin.Ya, ikan patin disebut-sebut bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda, salah satunya adalah mencegah Anda terkena penyakit stroke.Stroke merupakan penyakit dengan kondisi yang dapat terjadi ketika pasokan darah ke otak berkurang karena terjadi penyumbatan.Bukan hanya itu, stroke juga bisa terjadi ketika pembuluh darah pecah.Dilansir dari GridFame.id, ikan patin kerap dihindari karena teksturnya yang sangat berlemak.Namun semua bagian ikan patin bisa dimanfaatkan dan juga kaya akan asupan gizi yang baik untuk tubuh.Kadar kolesterol yang tinggi dapat berakibat terkena penyakit jantung.Saat jantung tak bisa mengalirkan darah dengan baik pada otak, maka tubuh dapat terserang penyakit stroke.

Baca Juga: Bisa Lolos dari Serangan Stroke, Hidup Sehat Kuncinya Cuma Minuman Favorit Semua Orang Ini, Obat Dokter Bisa Gak Laku

Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa mengurangi kadar kolesterol dengan baik.Manfaat Lain Dari Ikan Patin1. Mengurangi kandungan kolesterolKandungan lemak tak jenuh dalam patin dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.Pasalnya ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol.Dalam 100 gram ikan patin saja, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol.2. Mencegah jantung koroner

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Kalau Ada Melinjo di Rumah Coba Masak dengan Cara Ini, Bisa Bikin Stroke Gak Berani Serang Tubuh

Memiliki kadar kolesterol rendah dalam darah membuat tubuh menjadi sehat.Terutama bagian jantung, sebab kadar kolesterol tinggi erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung.Memakan ikan patin pun tidak akan membuat aliran darah di dalam pembuluh darah tersumbat.3. Pencegahan kardiovaskularIkan patin mengandung lemak tak jenuh (baik) dan hampir 50% daging ikan patin mengandung gizi yang dapat membantu menyehatkan tubuh.Ikan patin dapat membantu mencegah risiko penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.Penyakit ini seringkali menyerang bagian jantung yang bisa jadi penyakit mematikan.4. Membantu pembentukan ototIkan patin kaya akan protein yang tinggi.

Baca Juga: Amit-amit Tuanya Gak Bisa Gerak Kena Stroke, Mending Mulai Sekarang Rajin Kunyah Melinjo, Bakal Disayang Keluarga Sampai Hari Tua!

Protein dapat bekerja membentuk, mengencangkan, menambah massa, dan memperkuat otot.Selain itu ikan patin juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan terus naik dan tidak mudah terserang penyakit.5. Mengoptimalkan pertumbuhan bayiIkan patin sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan manfaat baik bagi pertumbuhan janin.Hal ini karena adanya kandungan DHA dan manfaat omega 3 dalam patin.Kedua zat baik ini mampu menjaga kesehatan pertumbuhan janin agar tetap normal dan sehat.6. Menjaga kesehatan tulangTak hanya protein, ikan patin juga kaya akan fosfor dan kalsium tinggi.Kalau rutin memakan ikan patin, maka sama saja dengan membantu memenuhi fosfor dan kalsium dalam tubuh.

Baca Juga: Jangan Dicabut! Kalau Ada Tanaman Ini di Rumah Ternyata Bisa Jadi Obat Darah Tinggi, Gak Perlu ke Dokter Lagi

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi, sekaligus mengurangi risiko osteoporosis dini.7. Meningkatkan sel darah putihSel darah putih memiliki peran penting untuk melawan penyakit.Namun kelebihan sel darah putih juga tidak baik lho.Nah, fungsi dari ikan patin ini bukan untuk memperbanyak kandungan sel darah putih, tapi lebih tepatnya untuk meningkatkan fungsinya.8. Menambah kinerja otakIkan patin dikenal dengan omega-3 dan omega-6 tinggi, yang tidak kalah dengan ikan salmon.Salah satu manfaat dari dua kandungan itu adalah untuk memperlancar kinerja otak.Pantas saja ikan termasuk ikan tawar yang cukup mengagumkan.9. Membantu menaikkan trombositApabila trombosit rendah, maka risiko penyakit demam berdarah akan naik.Ikan patin kaya akan vitamin yang berkontribusi besar pada tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.Vitamin pada patin memiliki peran penting dalam menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.