Bingung Tetangga Sering Banget Jemur Daun Pisang Lalu Direbus dan Minum Airnya, Ternyata Begitu Coba Langsung Ketagihan dengan Efeknya

By Virny Apriliyanty, Kamis, 14 Juli 2022 | 16:50 WIB
Manfaat teh daun pisang untuk tubuh ternyata baik banget ()

SajianSedap.com - Selama ini, pohon pisang dikenal sebagai pohon paling bermanfaat.Semua bagiannya soalnya bisa digunakan dan bermanfaat bagi manusia.Bahkan, bagian daunnya ternyata baik banget untuk kesehatan tubuh.Ya, percaya gak percaya ternyata daun pisang bisa dijadikan obat.Tinggal dikeringkan saja lalu direbus dan minum airnya.Efeknya bagi tubuh ternyata baik banget.Manfaat Air Rebusan Daun Pisang KeringDaun pisang selama ini dikenal sebagai pembungkus atau alas makan.Ini telah banyak dilakukan oleh orang Indonesia sejak lama.

Baca Juga: Cepat Kasih Tahu Pembantu Di Rumah! Jangan Lagi Beli Tempe yang Dibungkus Daun Pisang, Kalau Masuk Mulut Bisa Datangkan Petaka untuk Keluarga

Tak hanya dinilai lebih higienis, daun pisang juga memberi manfaat luar biasa dengan kandungan antioksidannya ketika mengalasi makanan.Namun, untuk mendapatkan manfaat lebih Anda perlu mengolah lebih jauh.Anda bisa mencoba untuk membuat teh daun pisang atau air rebusan daun pisang untuk diminum.Yang Anda manfaatkan adalah daun pisang kering, sebab daun pisang kering memiliki senyawa penting bagi kesehatan kita, seperti polifenol (berperan sebagai antioksidan), lignin, hemiselulosa, protein, dan allantoin.Daun pisang juga memiliki efek astringen. Itulah sebabnya daun pisang dapat menyembuhkan penyakit.Selain itu, jika rutin mengonsumsinya bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.Lihat berikut ini manfaat kesehatan lengkapnya dari teh daun pisang kering.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: BERITA POPULER : Cara Merapatkan Panci Bolong dengan Kulit Pisang Sampai Cara Usir Rayap dengan Kapur Sirih

Manfaat Kesehatan dari Daun Pisang KeringDilansir dari drhealthbenefits, berikut ini manfaat daun pisang kering untuk kesehatan dan cara pengolahannya untuk dikonsumsi.1. Meningkatkan Sistem Kekebalan TubuhDaun pisang kering mengandung allantoin, zat yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan bertindak sebagai zat.Inilah sebabnya mengapa daun pisang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan demam, yang terutama disebabkan oleh kekebalan tubuh yang buruk.Kalaupun kita tidak memiliki penyakit seperti itu, kita juga bisa minum rebusan daun pisang atau teh minimal sehari sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah terjangkit penyakit tersebut.2. Tinggi AntioksidanDaun pisang kaya akan polifenol, sejenis antioksidan. Antioksidan diperlukan untuk melawan berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh kita.Ini melawan radikal bebas, sehingga mencegah peradangan mikro yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: 101 Kali Lebih Garing, Cara Keripik Pisang Bisa Renyah Banget saat Digigit Harus Direndam Dulu Pakai 1 Bahan ini, Rahasia Dapur Terbongkar!

Mikro-inflamasi tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, alzheimer, demensia, bahkan kanker.Antioksidan yang tinggi juga diketahui dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam.Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa minum teh daun pisang 1-3 kali sehari.3. Menyembuhkan Sakit TenggorokanSakit tenggorokan adalah gejala dari banyak penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, dan sebagian besar disebabkan oleh virus, jadi antibiotik mungkin tidak membantu sama sekali.Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu, membuat kita merasa nyeri saat menelan makanan atau minuman.Minum rebusan daun pisang minimal sehari sekali dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap.4. Menurunkan DemamAntioksidan dan zat yang terkandung dalam daun pisang adalah zat yang baik untuk mengurangi peradangan yang sering terjadi pada demam.

Baca Juga: Kreatif Banget! Cuma Modal Kulit Pisang, Ampuh Bikin Panci Bolong Jadi Bisa Digunakan Lagi, Begini Cara Gampangnya

Efek astringennya juga akan meredakan rasa tidak nyaman saat demam.Untuk menurunkan demam, kita bisa meminum rebusan tersebut 3 kali sehari.5. Pengobatan DisentriAllantoin dan polifenol dalam daun pisang kering dapat mengurangi pendarahan usus pada disentri.Kita bisa meminum rebusan tersebut minimal sehari sekali untuk menghentikan pendarahan.Efek astringen juga mengurangi sakit perut akibat aktivitas hiperperistaltik usus.Kabar baiknya, daun pisang tidak mengganggu obat yang diresepkan, jadi pada disentri berat kita bisa minum obat dan teh/rebusan daun pisang bersama-sama.Cara Membuat Teh Daun PisangBerikut ini cara mengolah daun pisang untuk dijadikan teh.

Baca Juga: Ngapain Pakai Alat Catok, Kalau Modal Oles Pisang dan Pepaya Bisa Bikin Rambut Lurus Alami, Begini Cara Buatnya

1. Daun pisang segar bisa kita jemur dibawah terik matahari, atau ambil daun pisang kering langsung dari pohonnya.2. Jika kita jemur sendiri, ambil beberapa lembar daun pisang segar, bersihkan di bawah air mengalir, lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kecoklatan, kering, dan mengeluarkan suara renyah saat diremas.3. Cuci daun kering.4. Ambil segenggam daun kering ke dalam panci, tambahkan 3-4 gelas air, lalu rebus sampai airnya tinggal 1 gelas.5. Diamkan hingga hangat, saring, lalu diminum. Kita juga bisa menambahkan madu untuk menambah rasa. Minum rebusan ini minimal sekali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.