Bersyukur Dikasih Tahu Penjual Kulkas, Trik Ini Bikin Kulkas Jadi Irit Listrik, Tagihan Listrik Berkurang Setengahnya

By Virny Apriliyanty, Rabu, 7 September 2022 | 09:50 WIB
Cara sipaya kulkas irit listrik ini harus banget ditiru semua orang (smallbusinessify.com)

SajianSedap.com - Kulkas memang harus terus dinyalakan seharian.

Makanya, kulkas sebenarnya menyumbang cukup banyak penggunaan listrik di rumah.

Karena itu, penting banget untuk tahu cara bikin kulkas irit listrik.

Gak perlu ganti baru karena ada beberapa hal yang masih bisa kita ubah dan lakukan.

Anda pun bisa lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan suami, lo.

Soalnya trik ini gampang banget.

Yuk, bersama kita intip tipsnya.

Cara Supaya Kulkas Tidak Boros Listrik

Di era teknologi modern seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin kita memiliki kulkas yang hemat energi dan ramah lingkungan.Namun jika Anda masih ingin mengetahui cara irit listrik di rumah, ada beberapa tips yang bisa dicoba.Cara agar kulkas tidak boros listrik bisa dilakukan dengan mudah, lo.

Baca Juga: Nyesel Banget Baru Tahu! Daging yang Sudah Keluar dari Freezer Jangan Lagi Dimasukkan ke Kulkas, Malapetaka yang Mengintai Tidak Main-Main

1. Atur suhu kulkas seperlunyaHindari untuk mengatur suhu pada posisi titik terendah.Bukannya malah irit listrik, pengaturan suhu pada titik terendah akan menambah kinerja kulkas sehingga menjadikan konsumsi listrik menjadi lebih banyak.Dengan sedikit penyesuaian pada termostatnya, lemari es akan tetap menjaga semuanya tetap dingin dan segar.2. Cairkan bunga es pada freezerKetika es menumpuk, mesin pendingin secara otomatis akan bekerja lebih keras sehingga akan menyedot listrik lebih banyak.Bunga es yang dibiarkan menumpuk, besar kemungkinan freezer tidak dapat berfungsi dengan maksimal.Nah begini cara mencairkan bunga es tersebut:Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut aliran listrik agar proses membersihkan freezer jadi lebih aman. Keluarkan semua bahan makanan yang disimpan di dalam freezer ke wadah lain.Biarkan bunga es mencair dengan sendirinya dengan cara membuka pintu freezer.

Baca Juga: Padahal Sudah Masuk Kulkas, Penyebab Makanan Tetap Basi Padahal Sudah Taruh di Lemari Es Gara-gara Kesalahan ini, Anda Sering Lakukan?