Bingung Handuk Tetangga Dipakai Berminggu-minggu Juga Gak Bau Apek, Ternyata Rahasianya Cuma Karena Dicuci Pakai 2 Sendok Bahan Dapur Ini

By Virny Apriliyanty, Kamis, 29 September 2022 | 11:00 WIB
Cara cuci handuk (Tribunnews.com)

SajianSedap.com - Ternyata ada cara supaya handuk gak berbau apek.Seperti kita ketahui, handuk rentan sekali berbau apek.Kadang, dipakai beberapa hari saja sudah bau apek.Bau apeknya bahkan kadang sampai menempel di badan.Nah, supaya gak bau apek, ada beberapa trik yang bisa kita coba.Salah satunya adalah mencuci handuk dengan tambahan bahan dapur ini.Cara Mencegah Handuk Bau ApekHanduk yang bau apek biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri dan kotoran pada handuk.Setelah digunakan berkali-kali, tak heran jika handuk semakin bau karena bakteri semakin berkembang dan sel kulit mati menumpuk.Tapi, sebenarnya hal ini tak perlu dirisaukan oleh Anda yang ada di rumah. Sebab, ada beberapa cara untuk mengatasi handuk agar tidak bau apek selain mencucinya.

Baca Juga: Selama Ini Ditutupi, Karyawan Hotel Bongkar 4 Cara Cuci Handuk Supaya Gak Dekil Walau Dipakai Bertahun-tahun, Bukan Pakai Pemutih!

Bagaimana caranya, ya?1. Perhatikan kebersihan mesin cuciSeberapa sering Anda memerhatikan kebersihan mesin cuci?Ingat, mesin cuci yang kotor bisa membuat handuk semakin kotor dan baunya tidak hilang.Sering kali Anda meletakkan baju yang sudah basah berhari-hari di dalam mesin cuci.Sebaiknya hal ini jangan dilakukan karena akan meningkatkan peluang tumbuhnya lumut.Jika memang ada yang kotor, panggil teknisi untuk membersihkan mesin cuci.2. Hindari meletakkan handuk di kamar mandiSalah satu kesalahan menyimpan handuk adalah di dalam kamar mandi.Hal ini sebaiknya tak dilakukan, ya.Sebab, kamar mandi lembap, terutama setelah digunakan untuk mandi.

Baca Juga: Mau Marah Lihat Pembantu Tambahkan Minyak Kayu Putih Saat Cuci Handuk, Tapi Setelah Kering Malah Takjub Tahu Hasilnya, Kenapa ya?

Jika sudah lembap, bakteri akan lebih mudah berkembang biak pada handuk.Jemur handuk di luar.Jika perlu di bawah sinar matahari.Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal cara menjaga kebersihan handuk agar tidak bau apek.3. Cuci Handuk dengan CukaNah, bila Anda ingin menghilangkan bau apek pada handuk, melansir dari The Spruce, Sabtu (26/3/2022) berikut cara yang bisa Anda gunakan jika deterjen biasa tak ampuh mengusir baunya.Cara pertama adalah mencuci handuk dengan cuka.Caranya mudah, Anda tinggal memasukkan deterjen, air hangat, dan cuka putih yang berguna sebagai pelembut dan pengusir bau apek ke dalam mesin cuci atau bak.Kemudian, cuci seperti biasa. Apabila menggunakan mesin cuci, Anda gunakan putaran reguler.4. Mencuci handuk dengan baking sodaKedua dengan menggunakan baking soda.

Baca Juga: Ngapain Keluar Uang Buat Beli Baru, Handuk yang Berjamur Bisa Bersih TOTAL Kalau Dicuci dengan Cara Ini, Coba dan Buktikan Sendiri

Caranya juga sama. Anda tinggal memasukkan setengah cangkir baking soda lalu mencuci handuk dengan putaran biasa lagi.Cara ini tak membutuhkan deterjen atau pelembut. Jadi, Anda tak perlu menambahkan kedua bahan tersebut.Sebab, bisa mengganggu kinerja baking soda dalam membersihkan handuk dari bau apek.Pastikan juga bila baking soda yang Anda gunakan adalah soda kue. Bukan yang lainnya.