Banyak Menyerang Anak-anak, Begini Cara Mendapatkan Pengobatan Gagal Ginjal Gratis dengan BPJS

By Amelia Pertamasari, Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:32 WIB
Cara mendapatkan pengobatan gagal ginjal gratis dengan BPJS Kesehatan. ()

SajianSedap.com - Penting untuk mengetahui informasi cara mendapatkan pengobatan gagal ginjal gratis dengan BPJS.

Seiring meningkatnya kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak-anak akhir-akhir ini, maka penting untuk mengetahui cara mendapatkan pengobatan gagal ginjal gratis dengan BPJS.

Jadi simak berikut ini cara mendapatkan pengobatan gagal ginjal gratis dengan BPJS Kesehatan.

Cara Mendapatkan Pengobatan Gagal Ginjal Gratis dengan BPJS Kesehatan

Saat ini, para orangtua diminta tidak panik tapi tetap waspada dengan persebaran penyakit gagal ginjal akut pada anak.

Menurut catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia, sedikitnya 180 anak usia 6 bulan sampai 18 tahun di 20 provinsi terkena penyakit ini sepanjang 2022. 

Gagal ginjal pada anak ini mulai terdeteksi sejak awal 2022. Namun, lonjakan kasus yang banyak menyerang anak balita ini mulai terjadi sejak Agustus 2022 dan memuncak pada September 2022.

Dilansir dari Kompas, penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit katastropik atau penyakit berbiaya mahal, yang ditanggung oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk peserta yang didiagnosa penyakit gagal ginjal.

“BPJS Kesehatan melakukan simplifikasi prosedur melalui kemudahan akses pelayanan dan administrasi bagi pasien cuci darah/hemodialisis (HD) yang menjalani perawatan terapi rutin di rumah sakit," terang Ali Ghufron dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan.

"Perpanjangan rujukan juga dapat dilakukan di rumah sakit melalui aplikasi Vclaim tanpa perlu mengurus ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Masa berlaku rujukan pun diperpanjang menjadi 90 hari,” ujar Ghufron lagi.

BPJS Kesehatan menjamin berbagai pelayanan kesehatan gagal ginjal mulai dari transplantasi ginjal dengan biaya sekitar Rp 378 juta untuk satu kali tindakan.

Baca Juga: Tak Perlu Bayar, Begini Cara Mendapatkan Korset Tulang Belakang Gratis dengan BPJS