Cara Mengusir Nyamuk Cuma dengan Tancap Cengkeh ke Jeruk Nipis lalu Ditaruh di Sudut-sudut Rumah! Ajaib Banget

By Virny Apriliyanty, Minggu, 4 Desember 2022 | 18:10 WIB
Manfaat jeruk nipis dan cengkeh untuk mengusir nyamuk (radiosargam.com.fj)

SajianSedap.com - Banyak orang mencari cara alami mengusir nyamuk dari rumah.Soalnya, banyak orang terganggu dengan nyamuk, tapi ogah pakai obat nyamuk kimia.Pasalnya, obat nyamuk kimia bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh kalau sampai kita salah menggunakannya, lo.Makanya, coba deh pakai cara alami berikut ini untuk mengusir nyamuk.Yang kita butuhkan hanya jeruk nipis dan cengkeh saja.Taruh di sudut rumah, nyamuk bisa kabur karena perpaduan aromanya.Yuk, simak bersama.Cara Usir Nyamuk dengan Jeruk Nipis dan CengkehMeski berukuran sangat kecil, kehadiran nyamuk begitu mengganggu, apalagi saat hinggap dan mengigit tubuh.Selain itu, nyamuk adalah serangga berbahaya yang menjadi penyebab penyakit tertentu, dari malaria, demam berdarah, hingga kaki gajah.Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (8/6/2021), kamu bisa mengusir nyamuk di dalam ruangan rumah secara alami dengan memanfaatkan jeruk nipis dan cengkih.

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk dengan Ampas Kopi, 1000 Kali Lebih Aman dari Obat Nyamuk

Bagaimana caranya? Berikut ini cara membasmi nyamuk menggunakan jeruk nipis dan cengkih.1. Belah jeruk nipis Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membelah atau memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. 2. Tancapkan cengkih ke jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi gigi yang berlubang
Setelah itu, tancapkan bunga cengkih dengan mengelilingi bulatan potongan jeruk nipis. ]3. Letakkan di sudut ruanganSelanjutnya, letakkan jeruk nipis yang ditancapkan cengkih ke setiap sudut ruangan di dalam rumah yang kamu rasa terdapat banyak nyamuk seperti kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Khasiat jeruk nipis dan cengkihJeruk nipis berkhasit mengusir nyamuk lantaran mengandung minyak atsiri yang terdapat di kulit jeruk.Kandungan minyak atsiri ini dapat memengaruhi syaraf nyamuk sehingga nyamuk akan lemas dan mati.

Baca Juga: Pantas Rumah Mami Mertua Bisa Bebas Nyamuk, Rahasianya Ternyata Cuma Taruh 1 Bumbu Dapur Ini Di Bawah Tempat Tidur, Coba Deh!

Minyak atsiri dalam kulit jeruk nipis terdiri atas beberapa senyawa seperti linalool (dua enansiomer dari alkohol terpen yang terjadi secara alami).Selain itu, kandungan bahan aktif pada kulit jeruk nipis seperti limonoid dapat dihirup langsung oleh nyamuk sehingga mampu merusak sel-sel syaraf nyamuk.Jadi, semakin tinggi konsentrasi minyak atsiri pada kulit jeruk nipis, semakin efektif mengusir nyamuk. Begitu pun dengan cengkih.Cengkih memiliki aroma yang kuat.Aroma ini membuat nyamuk menjadi tidak nyaman dan menghindar dari ruangan.Apalagi, mengingat, penciuman adalah indra terkuat yang dimiliki nyamuk. Karena itu, kombinasi jeruk nipis dan cengkih efektif mengusir nyamuk dari ruangan serta lebih aman dibanding semprotan nyamuk karena bebas bahan kimia.

Golongan Darah Ini Beresiko Terkena DBD

Ya, nyamuk memang tidak hanya membuat tubuh bentol tetapi juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

Bahkan bagi sebagian orang, hasil gigitan nyamuk dapat meninggalkan bekas yang berujung bintik-bintik hitam 'menghiasi' area tubuh.

Baca Juga: Pantas Rumah Mami Mertua Bisa Bebas Nyamuk, Rahasianya Ternyata Cuma Taruh 1 Bumbu Dapur Ini Di Bawah Tempat Tidur, Coba Deh!

Tentu saja hal itu tidak ada yang menyenangkan.

Tapi tahu tidak? Ternyata terdapat golongan darah yang paling disukai oleh nyamuk.

Mereka yang memiliki golongan darah O menjadi sasaran empuk bagi nyamuk untuk mengigit.