Asik! Yang Mau Mudik Lebaran 2023 Bisa Kirim Motor ke Kampung Halaman Hanya dengan Rp 10 Ribu, Ini Syarat dan Caranya

By Amelia Pertamasari, Jumat, 24 Februari 2023 | 11:25 WIB
Syarat dan cara mendaftar program pengiriman motor gratis Lebaran 2023. (Kompas)

SajianSedap.com - Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 akan dirayakan 2 bulan lagi.

Di Indonesia sendiri, “tradisi” mudik dan momen menjelang perayaan Lebaran merupakan suasana dan momen yang sangat dinanti dan meriah. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke “kampung halaman”, atau biasa kita sebut dengan mudik.

Ya, Lebaran dan mudik seperti dua hal yang tidak bisa terpisahkan dan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu khususnya oleh para perantau dan umat Muslim.

Tak sedikit orang melakukan mudik antar kota provinsi bahkan pulau, dan beberapa di antaranya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor.

Sayangnya, tak sedikit kecelakaan terjadi selama momen mudik ini karena berbagai faktor.

Sehingga pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberikan fasilitas pengiriman sepeda motor gratis (Motis) selama periode mudik Lebaran setiap tahunnya, begitu juga untuk tahun 2023 ini.

Pihak penyelenggara berharap Motis dapat dimanfaatkan masyarakat sehingga menekan angka mudik menggunakan motor. Pada sisi lain cara ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang berpotensi ditimbulkan motor.

Cara ini diharapkan mampu membuat masyarakat beralih menggunakan angkutan yang dianggap lebih aman seperti bus, mobil, maupun kereta, sementara motornya telah dikirim duluan ke kampung halaman.

Lalu bagaimana cara mengikuti program ini? Simak selengkapnya berikut.

Syarat dan Cara Daftar Angkutan Motor Gratis Lebaran 2023

Hal terkait program Motis ini diinformasikan DJKA melalui unggahan akun Instagram resminya, @ditjenperkeretaapian.

Berikut selengkapnya syarat dan cara daftar angkutan motor gratis Lebaran 2023.

Baca Juga: Reservasi Tiket Kereta Lebaran 2023 Dibuka Mulai 26 Februari, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik