Harus Tahu! Ini Makanan yang Harus Rajin Dikonsumsi Pasien Stroke Agar Segera Sembuh dan Beraktivitas Normal

By Amelia Pertamasari, Minggu, 26 Februari 2023 | 18:25 WIB
Makanan untuk pasien stroke. (riihimaki)

SajianSedap.com - Penyakit stroke sendiri merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan.

Stroke dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi bila tidak segera ditangani, dan sebagian besar komplikasi tersebut berakibat fatal.

Juga, stroke sampai hari ini masih menjadi penyakit yang membawa kecacatan tertinggi, hingga ke depannya membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Penyakit ini harus segera membutuhkan serangkaian perawatan dan pengobatan agar pasien dapat sembuh.

Pola makan sehat dan tinggi nutrisi, termasuk konsumsi buah-buahan dapat menunjang proses pemulihan pasien stroke.

Pada dasarnya, makanan untuk penderita stroke yang menunjang penyembuhan serta pemulihan harus memenuhi syarat Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF).

Untuk diketahui, BDNF adalah protein yang mendukung pertumbuhan sel otak baru (neuron) dan meningkatkan koneksi saraf di dalam otak.

Ini penting untuk proses neuroplastisitas atau kemampuan otak dalam memperbaiki jaringannya sendiri usai mengalami cedera, seperti stroke.

Neuroplastisitas membantu penderita stroke memulihkan kinerja tubuh yang hilang, seperti kemampuan gerak dan wicara. Neuroplastisitas selanjutnya diaktifkan dengan rehabilitasi lewat terapi fisik dan terapi wicara.

Lantas, apa makanan untuk penderita stroke yang memenuhi syarat BDNF?

Makanan untuk Penderita Stroke Agar Cepat Pulih

Selain memenuhi syarat BDNF, penderita stroke perlu mendapat asupan vitamin dan mineral dari makanan yang mereka konsumsi. Berikut ini daftar makanan untuk penderita stroke agar cepat pulih.

Baca Juga: Belajar dari Ade Namnung yang Meninggal Karena Stroke di Usia Muda, Makan Ikan Murah di Pasar Ini Dua Kali Seminggu Bisa Cegah Penyakit Mematikan Ini