Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Mesin Cuci Tanpa Menyebabkan Kerusakan, Bakalan Awet Dipakai Sering-sering Sampai Puluhan Tahun

By Amelia Pertamasari, Minggu, 26 Maret 2023 | 15:40 WIB
Cara membersihkan segel karet pintu mesin cuci. (Nakita)

SajianSedap.com - Mesin cuci adalah peralatan elektronik yang banyak dimiliki berbagai kalangan untuk kemudahannya dalam mencuci pakaian.

Difungsikan untuk jangka pakai yang lama, penting untuk selalu merawatnya agar terhindar dari beberapa masalah yang dapat menyebabkan kerusakan.

Misalnya saja keberadaan noda, kerak, bahkan jamur di bagian tertentu mesin cuci.

Tak hanya pada bagian tabung dan filter mesin cuci, adanya noda, kerak, dan jamur juga dapat menumpuk di seal (segel) atau karet pintu mesin cuci front loading (bukaan depan). 

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada dua opsi yang bisa dilakukan, yaitu mengganti karet pintu mesin cuci dengan yang baru atau membersihkannya.

Ketika karet pintu mesin cuci bukaan depan telah menumpukkan jamur, menggantinya dengan yang baru adalah pilihan termudah, teraman, dan paling nyaman.

Namun, mesin cuci (termasuk mesin cuci front loading) memiliki perlengkapan dan kompartemen yang cukup rumit sehingga bisa sulit untuk membongkarnya.

Jadi kamu juga dapat memilih opsi untuk membersihkan sendiri karet pintu mesin cuci yang menumpukkan jamur.

Untungnya, karet pintu mesin cuci dapat dibersihkan tanpa harus melepasnya dari mesin cucimu seperti berikut ini:

Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Karet Mesin Cuci 

Untuk membersihkan karet pintu mesin cuci dari jamur maupun noda dan kerak, ada dua metode pembersihan berbeda yang bisa kamu pilih, yaitu menggunakan cuka atau pemutih.

Lihat cara mudahnya berikut ini untuk Anda coba di rumah:

Baca Juga: Gak Usah Capek Nyikat, Sepatu Olahraga yang Kotor dan Bau Ternyata Bisa Di Cuci Pakai Mesin Cuci, Begini Caranya Agar Gak Rusak