Tak Perlu Beli Cairan WD-40, Cara Mengatasi Gembok Pagar yang Macet Karena Berkarat Cukup Gunakan 1 Bahan Dapur Ini, Pasti Beres!

By Amelia Pertamasari, Selasa, 28 Maret 2023 | 14:25 WIB
Cara mengatasi gembok yang macet dan sulit dibuka karena berkarat. (Unsplash)

SajianSedap.com - Gembok adalah salah satu benda yang bsia menjaga keamanan rumah untuk mengunci berbagai area di rumah.

Ini biasanya terbuat dari material baja yang kuat dan tahan banting.

Sayangnya gembok bisa rusak karena munculnya karat di dalamnya. Gembok berkarat ini biasanya terjadi karena pemakaiannya untuk luar ruangan.

Gembok yang digunakan untuk luar ruangan seperti garasi, pagar, dan lain – lain cenderung sering karatan.

Hal ini dikarenakan alat tersebut terguyur air hujan dan paparan udara karena berada di luar ruangan.

Karat yang muncul dapat menyebabkan permukaannya menjadi kasar. Perubahan tekstur inilah salah satu penyebab macet saat akan digunakan.

Gembok yang berkarat membuatnya sulit untuk dibuka atau dikunci, namun ada cara mengatasi gembok macet tanpa harus membeli baru lagi.

Mungkin yang Anda terpikirkan untuk mengatasinya adalah cairan WD-40, namun ini juga cukup merogoh biaya untuk membelinya.

Padahal sebenarnya ada bahan dapur seperti ini untuk mengatasi gembok pagar macet karena karat. Lihat berikut ini.

Cara Mengatasi Gembok Pagar yang Macet Karena Berkarat

Dengan cara sederhana, Anda bisa menggunakan berbagai bahan-bahan yang sudah ada di rumahuntuk menghilangkan karat pada gembok.

Ini juga akan melumasi gembok sehingga tak macet lagi ketika dibuka.

Baca Juga: Nyesel Dari Kemarin Dibuang Terus, Kulit Kentang Ternyata Bisa Bikin Karat Di Pisau Pada Rontok, Begini Nih Caranya