Cara Mudah Membersihkan Dispenser Galon Bawah dari Endapan Kotoran, Pakai Bahan Dapur Ini Saja

By Amelia Pertamasari, Kamis, 18 Mei 2023 | 13:40 WIB
Cara membersihkan dispenser galon bawah. (Healthy Kitchen 101)

SajianSedap.com - Dispenser galon bawah adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan menyediakan air minum dari galon yang ditempatkan di bagian bawah dispenser.

Disebut galon bawah karena galon air ditempatkan di bagian bawah dispenser, sedangkan bagian atas dispenser digunakan untuk mengeluarkan air yang telah diolah.

Dispenser galon bawah umumnya dilengkapi dengan sistem pendingin dan pemanas, sehingga dapat menyediakan air dingin dan air panas dengan mudah

Kehadiran dispenser galon bawah jadi salah satu pilihan bagi mereka yang tak ingin repot-repot dalam urusan air minum kemasan yang ada di galon.

Dispenser galon bawah atau bottom loading dispenser berfungsi agar seseorang tidak lagi perlu capek-capek mengangkat air galon, seperti halnya pada dispenser galon atas atau top loading dispenser.

Mengangkat galon air ke dispenser galon atas tidak hanya berat, tetapi juga bisa membuat air tumpah dan tercecer di lantai, sehingga hal itu dianggap lebih berisiko.

Namun dalam hal perawatan, ini juga penting untuk dilakukan sama halnya dengan dispenser galon atas.

Sebab kotoran bisa saja menumpuk dan mencemari air yang ada untuk dikonsumsi.

Untuk itu, di bawah ini terdapat tata cara membersihkan dispenser galon bawah secara baik dan benar yang dilansir dari beberapa sumber.

Cara membersihkan dispenser galon bawah

Umumnya, bagian dalam atau tangki semua jenis dispenser yang sudah dipakai lama akan sulit dibersihkan.

Cara mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memasukkan air perasan lemon ke dalam tangki dispenser.

Bagaimana caranya? Lihat berikut ini.