Tak Perlu Ditukar Baru, Perhiasan Emas yang Kusam Bisa Disulap Kuning Berkilau Lagi Cuma Pakai 1 Bahan di Dapur Ini, Bakal Jadi Seperti Baru Lagi

By Amelia Pertamasari, Jumat, 26 Mei 2023 | 06:40 WIB
Cara membuat perhiasan emas yang kusam agar kembali berkilau. (Liudmila Chernetska)

SajianSedap.com - Perhiasan emas memang disukai banyak orang karena keindahan dan kilaunya yang khas.

Ketika cahaya memantul pada permukaan emas, kilauannya yang cerah dan bercahaya memberikan sentuhan glamor dan mewah.

Sayangnya, perhiasan emas dapat menjadi kusam karena beberapa alasan.

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan emas menjadi kusam adalah paparan terhadap kotoran, minyak, atau bahan kimia.

Saat kita mengenakan perhiasan emas, partikel-partikel kecil seperti debu, minyak dari kulit, atau produk perawatan tubuh dapat menempel pada permukaan perhiasan.

Jika tidak dibersihkan secara teratur, akumulasi kotoran ini dapat membuat permukaan emas tampak kusam dan kehilangan kilau aslinya.

Lantas banyak orang memilih mengganti perhiasan emas mereka dengan yang baru agar kembali memberikan keindahan ketika memakainya.

Namun Anda sebenarnya tak harus selalu mengganti dengan barang baru karena perhiasan kusam Anda juga bisa disulap berkilau kembali.

Caranya pun tidaklah sulit untuk dilakukan sendiri di rumah dengan bahan pembersih yang juga bisa didapatkan di dapur. Yuk simak!

Cara Membersihkan Perhiasan Emas yang Kusam Agar Berkilau

Untuk memulihkan dan mengembalikan kilau perhiasan emas dan perak milikmu, berikut beberapa cara mudah untuk membersihkannya, dilansir dari beberapa sumber.

Di antaranya adalah sabun pencuci piring, pasta gigi, hingga amonia. Berikut caranya:

Baca Juga: Cara Cek Keaslian Perak, Jangan Sampai Ketipu saat Beli, Tanpa Alat Ternyata Cara Mengeceknya Bisa Pakai Es Batu