Ngapain Buang Uang Beli Baru, Begini Cara Membersihkan Kerak Hitam Membandel di Tatakan Kompor Gas Agar Kembali Kinclong

By Amelia Pertamasari, Rabu, 31 Mei 2023 | 07:40 WIB
Cara membersihkan tatakan kompor gas kotor. (Kolase SajiaNSedap dan Blibli)

SajianSedap.com - Kompor adalah salah satu benda penting di dalam rumah yang digunakan untuk memasak makanan.

Agar dapat berfungsi dengan baik dan aman, kompor perlu dirawat dengan tepat.

Lantas semua bagian memang perlu diperhatikan dengan baik, namun salah satu yang paling terlihat jelas mudah kotor adalah bagian tatakan.

Tatakan kompor berfungsi sebagai alas yang melindungi permukaan meja atau countertop dari panas yang dihasilkan oleh kompor saat memasak.

Selain itu, tatakan kompor juga berperan dalam menjaga kebersihan dan mengurangi risiko terjadinya noda atau kerusakan pada permukaan meja.

Namun, seperti disebutkan sebelumnya, tatakan kompor juga dapat menjadi kotor akibat percikan minyak, saus, atau sisa makanan yang mungkin terjatuh saat proses memasak.

Kotoran yang menempel pada tatakan kompor tidak hanya mengganggu tampilan estetika, tetapi juga dapat menjadi sumber kontaminasi dan mengurangi kebersihan dapur.

Pilihan mengganti dengan produk baru mungkin memang bisa menjadi pilihan instan.

Namun Anda sebenarya bisa membersihkan kotoran dan kerak ini dengan mudah menggunakan cara berikut ini.

Cara Membersihkan Kerak Hitam Membandel di Tatakan Kompor

Simak berikut ini langkah demi langkah untuk membersihkan kerak hitam yang membandel di tatakan kompor gas agar kembali kinclong.

Anda hanya membutuhkan pembersih dari bahan dapur Anda yang beri hasil maksimal seperti berikut ini.

Baca Juga: Bukan Rusak, Tukang Servis Kasih Tahu Kalau Gas Elpiji Penuh Tapi Kompor Tidak Mau Menyala Ternyata Karena 1 Bagian Ini Perlu Dibersihkan, Ibu-ibu Catat!