Sampaikan ke Istri di Rumah, Mulai Sekarang Jangan Pernah Lagi Tutup Pintu Mesin Cuci Setelah Selesai Dipakai, Jadi Penyebab Jamur Tumbuh!

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 3 Juni 2023 | 14:10 WIB
Alasan untuk tidak menutup pintu mesin cuci bukaan depan setelah dipakai. (gorodenkoff)

SajianSedap.com - Pintu mesin cuci adalah salah satu komponen penting dalam proses mencuci pakaian.

Namun, terkadang kita mungkin tergoda untuk menutup pintu mesin cuci setelah mencuci selesai, terutama jika kita terburu-buru atau hanya lupa.

Namun, tahukah Anda bahwa menutup pintu mesin cuci setelah mencuci sebenarnya merupakan praktik yang disarankan?

Ya, jika Anda pernah mencium bau apek saat membuka pintu mesin cuci, inilah sumber penyebabnya.

Ini mungkin terjadi karena pertumbuhan jamur di paking, tabung, atau selang mesin cuci karena kebiasaan menutup pintu mesin cuci.

Bagaimana bisa? Simak berikut ini penjelasannya.

Alasan untuk tidak menutup pintu mesin cuci bukaan depan

Dilansir House Digest, jamur tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembap, jadi mesin cuci bukaan depan yang tertutup adalah lingkungan yang sempurna.

Cara menghilangkan bau apek di mesin cuci adalah dengan membiarkan pintu mesin cuci terbuka setelah proses mencuci pakaian.

Mesin cuci yang tertutup setelah mencuci akan menjadi lembap dan gelap, menciptakan kondisi yang ideal bagi mikroorganisme untuk berkembang biak.

Selain itu, menutup pintu mesin cuci juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mesin cuci dan pakaian yang baru dicuci.

Namun, ini hanya berlaku bagi mesin cuci bukaan depan.

Baca Juga: Jangan Sekali-kali Cuci Bra di Mesin Cuci! Ini Dampak Buruk yang Akan Terjadi Kalau Masih Nekat, Bikin Rugi Banget!