Srikandi untuk Negeri, Yanthi Rusdiantini Pengolah Cokelat dari Pasar hingga Tembus Mal

By Ersi PW, Jumat, 16 Juni 2023 | 12:30 WIB
Yanthi Rusdiantini, DAPUR COKELAT (ERSI PW)

Siapa tak suka cokelat? Dan siapa juga yang tak suka kue kering? Keduanya sama lezat.Kelezatan paduan kue kering dan cokelat bisa Anda temukan di Waroeng Cokelat. Meskipun berawal dari usaha rumahan, namun kualitas dan kreativitas mengantar cokelat ini menembus mal bergengsi dan supermarket asing.

Dengan sentuhan kreativitas dan kerja keras, usaha rumahan pun bisa menembus pasar luas danbergengsi. Hal inilah yang dibuktikan Yanthi Rusdiantini (47). Perempuan yang tinggal di Bogor inikreatif mengolah cokelat hingga produknya menembus mal terkemuka di Jakarta, Grand Indonesia. Bahkan sebuah supermarket khusus produk Jepang bernama Papaya, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta pun ikut tertarik memasarkan produk cokelat buatan Yanthi.

Tentu saja cokelat buatannya punya keistimewaan. Yanthi memadukan cokelat dengan kue keringsehingga produknya memiliki ciri khas tersendiri yang membuat nilai jualnya meningkat.Setiap menjelang Lebaran, kue kering berlapis cokelat bak bintang yang bersinar bagi usahamiliknya. Pesanan yang meningkat ini membuatnya mampu mempekerjakan hingga 30 anak yatim untuk membantu proses produksi sekaligus melakukan kegiatan sosial.

Tak hanya soal paduan cokelat dan kue kering, kemasannya pun mencirikan produk khasIndonesia dengan membuat motif batik pada kemasannya. Tak heran jika cokelatnya kerap ditemukan di bandara internasional.

Kombinasi Cokelat dalam Kue KeringKira-kira 10 minggu sebelum Lebaran, rumah Yanthi yang terletak di kawasan Bogor Utara selalumenebarkan aroma kue kering yang sedap. Ratusan loyang kue kering sedang diproduksi di lantai dua rumahnya. “Konsep memadukan kue kering dengan cokelat sudah saya lakoninya sejak tahun 2002,” tuturnya.'

Ciri khas kue kering buatannya menggunakan tepung sagu. Alasannya, kue kering berbahan sagumemiliki tekstur lebih ringan dan kerenyahannya tahan lebih lama. “Selain itu, ketika dipadukan dengan cokelat, rasa dan teksturnya lebih enak,” tutur Yanthi.

DAPUR COKELAT
Tak hanya kue kering, Yanthi juga mengolah kacang tanah menjadi pindakas atau enting-entingberbentuk koin, dan tentu saja diberi cokelat sebagai topingnya. “Pokoknya semuanya harus mengandung cokelat,” terangnya sambil tersenyum.

Untuk lapisan cokelatnya, Yanthi menggunakan cokelat compound dengan varian dark, milk, danwhite chocholate yang dilelehkan. Tak hanya itu, ia juga membuat sendiri rasa baru, misalnya cappuccino flavor dengan cara mencampurkan kopi ke dalam beberapa produk cokelatnya. “Ternyata hasilnya juga enak,” imbuhnya.

Semua jenis cokelat inilah yang nantinya akan melapisi permukaan kue kering yang dikemas satuper satu dalam paper cup mini sebelum ditata kembali dalam stoples.

Saat ini, Yanthi memiliki 12 macam kue kering berbalut cokelat. Jenisnya antara lain milk cheesechocolate, pindakas chocolate, almond cappuccino chocolate, dark cheese chocolate, marble chocolate, hingga polkadot chocolate. Setiap stoples memiliki bobot antara 400 gram - 500 gram.

Yanthi membuat kue kering berbalut cokelat ini hanya menjelang Lebaran saja sebagai responsterhadap pasar kue kering yang meningkat. Sementara di luar masa Lebaran, ia memproduksi cokelat batangan (chocolate bar). Jenisnya antara lain cokelat kacang mede, almon, hingga cokelat istimewa bebas gula, hingga cokelat herbal dengan rasa jahe.

Keistimewaan lainnya, semua cokelat batangan buatan Yanthi dikemas dalam pembungkus kertasbermotif batik Nusantara. Misalnya batik cirebonan, garutan, dan masih banyak lagi.Kemasannya juga beragam. Ada yang dikemas mungil sebesar telunjuk, hingga kemasan bokscantik seperti kotak cerutu. Harganya berkisar mulai dari Rp 15 ribu-an.

PHK Jadi Cambuk UsahaSebelum memiliki sukses meraih usaha cokelat, Yanthi tercatat sebagai akuntan yang cukupmapan di Surabaya. Saat krisis moneter melanda di tahun 2998, ia memutuskan kembali ke rumahnya di Bogor. Saat melamar pekerjaan di Jakarta, nominal gaji yang diharapkan tak sebanding dengan perjalanan Bogor-Jakarta setiap hari.