Awalnya Ragu Gunakan Air Kelapa untuk Cuci Wajah, Setelah Lihat Hasilnya Malah Takjub Jadi Tak Perlu Beli Skincare Mahal Lagi

By Amelia Pertamasari, Selasa, 25 Juli 2023 | 16:10 WIB
Manfaat air kelapa untuk perawatan wajah. (herzindagi.com)

SajianSedap.com - Tidak dapat dimungkiri, penampilan wajah memainkan peran penting terhadap kepercayaan diri dan impresi dari orang-orang sekitar.

Apalagi di era maraknya media sosial, kita memiliki keinginan untuk selalu tampil sempurna di layar virtual banyak orang.

Tuntutan tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah karena mungkin hal tersebut membuat banyak orang menjadi sadar akan pentingnya perawatan wajah.

Membuat banyak orang berlomba-lomba merawat wajah mereka dengan berbagai produk perawatan kulit (skincare) dan perawatan klinis.

Harga perawatan tersebut beragam, dari yang cukup terjangkau bagi banyak kalangan sampai yang lumayan mahal.

Tapi jangan bersedih dulu jika Anda tak bisa menjangkau banyak perawatan mahal tersebut, sebab banyak bahan alami yang juga sama baiknya untuk kulit, salah satunya air kelapa.

Nah sebelum masuk ke cara memanfaatkan air kelapa, yuk simak beberapa manfaatnya melansir dari Healthline berikut.

Mengobati Jerawat

Mengutip dari penelitian bertajuk Antibacterial Efficacy of Tender Coconut Water, air kelapa memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu masalah kulit berjerawat.

Anda bisa mencampurkan 30 ml air kelapa dengan kunyit bubuk, kemudian aduk campuran tersebut hingga berubah bentuk menjadi pasta.

Selanjutnya balurkan pasta tersebut ke area wajah yang berjerawat dan diamkan selama sepuluh menit kemudian bilas dengan air bersih.

Membantu Mengobati Kulit Sensitif

Air kelapa dapat membantu melembapkan kulit karena mengandung gula dan asam amino yang baik untuk kulit.

"Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang tinggi, sehingga dapat menenangkan kulit sensitif," ujar Diana Madfes, dokter spesialis kulit di New York.