Kembali Berkilau Seperti Baru, Begini Cara Membersihkan Perhiasan Silver yang Kusam dan Menghitam Cuma Modal Baking Soda

By Amelia Pertamasari, Selasa, 8 Agustus 2023 | 16:40 WIB
Cara membersihkan perhiasan silver agar kembali berkilau. (Kompas)

SajianSedap.com - Saat ini sudah banyak logam yang bisa menjadi perhiasan, sebut saja silver atau perak.

Mulai dari kalung, cincin, hingga gelang dapat dibuat menjadi perhiasan silver untuk dijadikan fashion item.

Perhiasan silver ini kembali diminati karena harganya cukup terjangkau dengan tampilan yang tak kalah berkilau.

Bahkan di industri fashion sendiri, perhiasan silver ini disebut sebagai the new gold yang bisa mempercantik penampilan.

Namun, perhiasan silver akan mengalami noda atau kotor jika tidak membersihkannya secara teratur.

Hal ini karena perhiasan silver dikenakan di kulit yang dapat menarik minyak tubuh, riasan, tanah, kuman, dan bakteri yang menyebabkan perhiasan kehilangan kilaunya.

Maka itu, penting membersihkan perhiasan silver secara rutin dan mempelajari cara membersihkannya di rumah menggunakan pembersih perak atau barang-barang yang ada di dapur.

Lihat berikut ini untuk Anda coba di rumah untuk mendapatkan perhiasan silver yang selalu berkilau.

Cara Membersihkan Perhiasan Silver

Perlu diketahui bahwa perhiasan silver memiliki lapisan perak yang sangat tipis membuatnya tidak akan bertahan dengan baik menggunaakn pembersihan abrasif yang berulang-ulang. Perak akan terkikis dan memperlihatkan logam dasarnya.

Sebagian besar perhiasan silver sterling memiliki tanda atau stempel yang menunjukkan kemurnian peraknya, tetapi Anda juga dapat menggunakan magnet untuk menentukan apakah perhiasan tersebut berlapis silver atau sterling.

Magnet akan menempel pada lapisan perak, tetapi tidak pada sterling. Nah, dilansir dari The Spruce, berikut enam bahan alami membersihkan perhiasan silver agar kembali berkilau.

Baca Juga: Tak Perlu Ditukar Baru, Ini Cara Membuat Perhiasan Emas Lama yang Kusam Jadi Kembali Berkilau Cuma Pakai Sabun Cuci Piring