Cara Mengatasi Engsel Pintu dan Jendela yang Berderit, Cuma Modal Minyak di Dapur Bikin Suara Berisiknya Langsung Lenyap

By Amelia Pertamasari, Rabu, 16 Agustus 2023 | 15:10 WIB
Trik mengatasi engsel pintu atau jendela yang berderit. (Bukalapak)

SajianSedap.com - Pintu dan jendela adalah elemen penting yang ada di setiap hunian.

Untuk pintu, ini digunakan sebagai jalan keluar masuk dalam sebuah ruangan. Sementara jendela untuk sirkulasi cahaya dan udara dari dalam dan luar bangunan.

Keduanya umumnya dapat dibuka tutup hingga 90 derajat dengan adanya engsel.

Engsel ini adalah sebuah alat berupa sendi besi yang berfungsi untuk menghubungkan furnitur yang memiliki sistem bukaan sehingga dapat berputar pada porosnya.

Biasanya engsel terbuat dari kuningan atau besi stainless steel yang kuat.

Meski begitu, tak jarang engsel menjadi berderit dan menimbulkan suara berisik.

Bunyi itu bisa menganggu kenyamanan di rumah, terlebih bila bunyinya begitu keras.

Hal itu terjadi karena adanya gesekan pada engsel. Pelumas yang digunakan saat pintu pertama kali dibuat dan dipasang mulai aus. Penumpukan kotoran, debu hingga berkarat juga dapat meningkatkan masalah.

Kendati begitu, cara mengatasi pintu berbunyi cukup mudah, yakni dengan melumasi engsel.

Untuk melumasi engsel, Anda tak perlu membeli pelumas komersial. Berikut ini ada alternatif untuk melumasi engsel dengan bahan dapur Anda.

Cara Mengatasi Engsel Pintu yang Seret dan Berderit

Untuk memperbaiki engsel yang bermasalah, dilansir dari Yell Home and Garden, Anda hanya memerlukan benda yang mudah ditemukan di dalam rumah seperti minyak. Berikut caranya:

Baca Juga: Tiap Hari Kerja Lembur Gak Kaya-kaya, Ternyata karena 6 Benda ini Terlihat dari Pintu Rumah, Salah Satunya Kompor