Tolong Kalau Mau Simpan Botol Air Minum di Freezer Cek Dulu Bagian Pantat Botolnya, Kalau Ada Simbol Angka Segitiga Ini Jangan Sampai Dimasukkan Kalau Tak Mau Meledak

By Amelia Pertamasari, Rabu, 23 Agustus 2023 | 14:40 WIB
Ilustrasi botol minum di freezer. (Sasaton Krungsee)

SajianSedap.com - Bagi banyak dari kita, botol air minum di dalam freezer adalah pemandangan yang umum.

Terutama pada musim panas atau saat kita ingin minum air yang segar dan dingin, memasukkan botol ke dalam freezer adalah solusi cepat.

Saat Anda ingin minum air yang dingin, Anda tidak perlu menunggu lama.

Cukup mengambil botol yang telah disimpan di freezer, dan Anda siap untuk menikmati minuman dingin.

Namun pernahkah Anda mengalami botol minum menjadi pecah karena setelah penyimpanan cukup lama di dalam freezer?

Kondisi ini disebut ekspansi ketika air terlalu penuh dalam botol. Air akan memperluas ketika membeku, membuat botol pecah jika tidak ada cukup ruang kosong di dalam botol.

Selain itu penggunaan botol yang tidak dirancang untuk tahan suhu rendah juga mendukung ekspansi terjadi ketika menyimpan air dalam freezer dalam waktu yang lama.

Sebab botol biasa mungkin tidak dapat menahan perubahan suhu yang tiba-tiba.

Nah untuk tahu botol mana yang cocok digunakan untuk menyimpan air di freezer, Anda bisa mengeceknya melalui kode yang terdapat di pantat botol seperti berikut ini.

Arti Kode pada Botol atau Wadah Plastik dan Kegunaannya

Yuk kenali kode-kode nomor yang diapit simbol panah membentuk segitiga di balik wadah plastik untuk mengetahui karakteristik dan kegunaan dari wadah plastik tersebut.

Simak berikut ini 7 kode nomor pada wadah dan botol plastik, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Buat yang Sering Masak di Dapur Juga Belum Tentu Tahu, Ternyata Menumis Kangkung Jangan Sampai Dimasak dengan Dua Jenis Ikan Ini, Kenapa Ya?