Belum Ada Seminggu Sudah Numpuk Lagi, Ternyata 1 Kebiasaan Sepele Ini yang Jadi Penyebab Munculnya Bunga Es di Freezer Kulkas

By Amelia Pertamasari, Rabu, 23 Agustus 2023 | 16:10 WIB
Hal yang dapat menyebabkan bunga es cepat menumpuk. (vlr.eng.br | Daily Update)

SajianSedap.com - Lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang paling diandalkan untuk menyimpan berbagai bahan makanan.

Namun, biasanya ada beberapa masalah terkait kulkas ini, salah satunya adalah bunga es yang terlalu banyak di dalam freezer.

Bunga es yang ada di kulkas akan terus muncul terus-menerus dan menumpuk.

Efek dari bunga es ini akan menghilangkan ruang penyimpanan hingga menyebabkan bau, serta penyegelan pintu alat yang tidak efektif.

Bahkan itu dapat membuat tagihan listrik meningkat dan membuat kulkas lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu penyebab munculnya bunga es di kulkas dan mencegahnya agar tidak muncul kembali.

Dilansir dari berbagai sumber, pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai penyebab yang membuat bunga es muncul di freezer kulkas.

Penyebab Munculnya Bunga Es di Freezer Kulkas

Munculnya bunga es di freezer kulkas lebih sering terjadi pada kulkas satu pintu dan sangat jarang menimpa kulkas dua pintu.

Berbeda dengan kulkas dua pintu, kulkas satu pintu biasanya tidak terdapat fungsi defrost, yakni sistem pencairan bunga es.

Oleh karena itu, kulkas satu pintu, terlebih yang tidak memiliki fungsi defrost lebih rentan memunculkan bunga es.

Namun Anda tetap harus menghindari kebiasaan-kebiasaan tak baik ini pada jenis kulkas apapun milik Anda juga untuk perawatan kulkas lebih tahan lama dipakai.

Baca Juga: KAGET Lihat Isi Freezer Mertua Ada Panci Berisi Air Panas, Pas Coba Sendiri Di Rumah Malah Jadi Ikut-ikutan, Kok Bisa?