Kalau Lihat Ada di Pasar Harus Beli, Buah Ini Bisa Membuat Pakaian Kotor Jadi Bersih Cuma dengan Sekali Gosok, Kok Bisa?

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 16:40 WIB
Manfaat buah lerak untuk keperluan rumah tangga. (Kompas)

SajianSedap.com - Ada banyak bahan alami di pasar atau supermarket yang diperuntukkan untuk memasak, pembersih, dan banyak hal lainnya.

Namun terkadang karena kita tidak tahu bahan apa itu, kita terkadang melewatkannya begitu saja.

Padahal ada banyak manfaat luar biasa dari bahan-bahan yang terkadang tak sadar sering Anda lihat di pasar, salah satunya buah lerak.

Buah lerak adalah buah yang berasal dari pohon yang disebut sebagai "Sapindus rarak" atau "Sapindus saponaria."

Buah ini berukuran sekitar 2-3 cm dalam diameter mirip tomat kecil namun dengan permukaan kulit yang cukup keras dan berwarna cokelat tua atau kehitaman saat matang. 

Ketika Anda membelah buah lerak, Anda akan menemukan biji atau benih yang melingkari isi buah

Isi buah lerak berwarna putih atau kuning pucat, dan inilah bagian yang mengandung saponin, yang digunakan sebagai pembersih alami.

Isi buah lerak memiliki tekstur yang lembut dan berair ketika segar. Namun, setelah diolah menjadi serbuk atau dicampur dengan air, teksturnya akan berubah menjadi busa.

Nah, bagian dagingnya ini yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan rumah tangga Anda seperti berikut. Yuk simak!

Manfaat Buah Lerak untuk Keperluan Rumah Tangga

Lerak dapat digunakan sebagai sabun alami yang aman untuk tubuh dan lingkungan. Saat ini sudah banyak dijual sabun lerak berbentuk cair.

Namun, Anda juga bisa menggunakan buah lerak utuh sebagai sabun alami. Berikut cara menggunakan lerak sebagai sabun alami.

Baca Juga: Jarang Emak-emak yang Tahu, Aluminium Foil Punya Manfaat Rahasia Bikin Menyetrika Pakaian Lebih Cepat dan Rapi, Intip Caranya