Salah Besar Telan Nasi Bulat-bulat, Cara Mengatasi Keselek Duri Ikan Ternyata Cukup Pakai Permen

By Amelia Pertamasari, Jumat, 25 Agustus 2023 | 14:40 WIB
Cara mengatasi keselek duri ikan. (Kolase Unsplash dan Freepik)

SajianSedap.com - Ikan merupakan salah satu lauk favorit bagi sebagian besar orang dan kalangan.

Selain penuh gizi sebagai sumber protein yang sangat baik bagi tubuh, daging ikan dikenal memiliki citra rasa gurih ketika dimakan.

Tapi Anda patut waspada saat sedang menikmatinya. Pasalnya, Anda bisa jadi terganggu akibat adanya duri atau tulang ikan yang tak sengaja tersendat di tenggorokan.

Tulang ikan yang tersangkut di tengggorokan memang biasanya tak akan langsung menyebabkan masalah medis apapun.

Namun ini dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan, seperti batuk, sakit saat menelan, kesulitan menelan, hingga sensasi rasa menggelitik di tenggorokan.

Sehingga Anda perlu tahu cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan untuk mencegah kepanikan di masa depan jika mengalami kejadian tersebut.

Selama ini cara yang paling populer adalah dengan menelan nasi bulat-bulat. Namun ternyata metode ini tidak disarankan karena beberapa risiko yang akan terjadi.

Mulai dari metode ini tidak selalu berhasil dalam mengeluarkan duri ikan, terutama jika duri tersebut sudah terlanjur terbenam dalam jaringan.

Jika nasi tidak berhasil mengeluarkan duri, Anda bisa berisiko menelan nasi bersama dengan duri ikan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan.

Oleh sebab itu, cobalah cara berikut ini yang lebih aman namun ampuh mengatasi duri ikan yang tertinggal di mulut atau tenggorokan Anda.

Cara Mengatasi Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Berikut adalah cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan:

Baca Juga: Keburu Keselek Kalau Tunggu Bulet-buletin Nasi, Mending Minum ini Kalau Ada Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan