Dibuang ke Wastafel Bikin Mampet, Ampas Kopi Mending Dibakar dan Diletakkan di Teras Rumah, Bikin Tetangga Betah Nongkrong

By Amelia Pertamasari, Selasa, 12 September 2023 | 19:10 WIB
Manfaat ampas kopi untuk keperluan rumah tangga. (Photoco)

SajianSedap.com - Kopi adalah bahan minuman populer dunia yang disukai oleh banyak orang dan kalangan.

Kopi biasanya diminum di pagi hari untuk mengisi energi tubuh sebelum memulai hari. Juga diminum siang hari atau malam hari untuk menahan kantuk berkat kandungan kafeinnya.

Saat selesai menikmati secangkir kopi, biasanya orang-orang akan membuang ampasnya ke wastafel saat mencuci cangkir minumnya karena berpikir ampas kopi cukup halus untuk terbuang ke saluran pembuangan akhir.

Apalgi mungkin Anda pernah mendengar mitos bahwa ampas kopi baik untuk sistem saluran air dan menjauhkan bau tak sedap.

Namun, sebenarnya, ampas kopi adalah salah satu sisa makanan yang tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan wastafel, bahkan terburuk, karena dapat membentuk lumpur dan  menyumbat pipa.

Ampas kopi paling baik dibuang melalui pengomposan sehingga nutrisinya dapat dimanfaatkan. 

Selain itu, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah atau hunian Anda terasa nyaman berkat manfaatnya yang luar biasa.

Misalnya saja Anda bisa membakar ampas kopi kering untuk diletakkan di teras atau ruang tamu Anda untuk mencegah nyamuk masuk.

Jadi simak berikut ini selengkapnya manfaat ampas kopi untuk keperluan rumah tangga.

Manfaat Ampas Kopi

Dengan menggunakan kembali ampas kopi sisa seduhan di pagi hari, dapat membuat Anda memiliki rumah yang nyaman dengan manfaatnya ini.

Jadi simak berikut ini manfaat dan cara menggunakannya yang telah dilansir dari berbagai sumber via Kompas.

Baca Juga: Rugi Dibuang ke Selokan, Air Cucian Beras Kalau Disemprotkan ke Pintu Rumah Bikin 1 Hal Luar Biasa Ini, Seisi Rumah Melongo Saat Tahu