Selama ini Ternyata Kita Salah Campur Bubuk Kopi dan Gula Langsung di Dalam Cangkir, Begini Cara Meracik Kopi Agar Rasanya Seperti Buatan Kafe

By Amelia Pertamasari, Selasa, 19 September 2023 | 19:40 WIB
Cara menyeduh kopi agar rasanya nikmat seperti buatan kafe. (Adobe Stock)

SajianSedap.com - Minum kopi sudah menjadi rutinitas harian banyak orang dan kalangan hingga kini.

Terutama saat pagi hari, menyesap kopi hangat-hangat dapat memberikan kenikmatan dan energi luar biasa sebelum menjalani hari.

Tak hanya tentang kenikmatan, kopi yang sempurna juga memiliki arti tersendiri bagi masing-masing orang.

Itulah mengapa ada begitu banyak pilihan kopi yang berbeda yang dikonsumsi.

Dalam meracik kopi, seseorang akan menambahkan beberapa bahan tambahan. Mulai gula, susu, krimer, rempah seperti jahe, atau lainnya yang memberi rasa nikmat dan khas pada kopi.

Nah, meski Anda tahu bahwa meracik kopi hanya dengan mencampurkan kopi dan air serta tambahan, rasanya tidak sama dengan buatan kafe bukan?

ternyata, untuk bisa menciptakan secangkir kopi yang sempurna kita harus tahu urutan bahan yang benar.

Dilansir dari Lifehacker, urutan memasukkan bahan-bahan ke dalam cangkir tersebut ternyata dapat membuat perbedaan rasa dan kualitas pada secangkir kopi.

Di mana, gula akan lebih mudah larut dalam cairan panas dan krim menurunkan suhu keseluruhan kopi atau teh Anda.

Jika urutan terbalik, bukan tak mungkin Anda akan mendapatkan tumpukan gula yang belum larut di dasar cangkir. Lantas, bagaimana urutan yang benar dalam menyeduh kopi?

Urutan dalam Menyeduh Kopi

Jika Anda ingin menikmati secangkir kopi yang nikmat secara keseluruhan, ada satu detail yang harus diperhatikan, yaitu urutan.

Dilansir dari Mentalfloss, bisa dikatakan bahwa detail tersebut adalah pembeda antara kopi yang baik dan kopi yang kurang baik.