Beruntung yang Punya Tanaman Eceng Gondok, Kalau Diolah Begini Disebut Bisa jadi Obat Herbal Obati Sakit Maag hingga Jerawat, Ini Kata Dokter

By Ulfa, Minggu, 8 Oktober 2023 | 18:10 WIB
Eceng gondok adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh pesat di perairan air tawar. Apakah peranan tumbuhan yang dijuluki gulma ini bagi ekosistem sekitarnya? (Maya Pujiati)

SajianSedap.com - Apa kamu tahu tanaman eceng gondok?

Eceng gondok umumnya kita temui tumbuh mengapung di kolam air pedesaan.

Bentuknya yang lucu dengan buang ungu di tengahnya membuat sangat cantik untuk dipandang.

Tapi, masih banyak orang yang tak tahu kalau tanaman ini juga ada manfaatnya, loh!

Ya, tanaman yang memiliki nama ilmiah Eichhornia crassipes ini memiliki kandungan nutrisi seperti zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Tanaman eceng gondok juga memiliki beberapa zat antioksidan, yakni saponin, flavonoid, dan polifenol.

Berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat dalam eceng gondok, tak heran jika tanaman air ini kerap dijadikan obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Lantas apa saja sih manfaatnya? Yuk simak berikut ini.

Manfaat Eceng Gondok untuk jadi Obat Herbal

Melansir dari Posbelitung, dr. Fery Juliawan, M.Th melalui kanal YouTube pribadinya akan menjabarkan manfaat tanaman eceng gondok untuk kesehatan.

Ia juga bongkar cara mudah mengolah tanaman eceng gondok ini sebagai ramuan atau obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, di antaranya:

1. Mengatasi Penyakit Asam Lambung (Maag)

Sakit maag atau dalam istilah medis dikenal dengan dispepsia adalah suatu kondisi tidak nyaman di bagian perut, seperti kembung, rasa sakit, atau nyeri dan mual.

Baca Juga: Awalnya Dimarahin Buang-buang Susu Bubuk ke Pot Tanaman, Belum Seminggu Hasilnya Bikin 1 Rumah Girang, Kenapa?