Pantas Rezeki Seret Terus, Pantang Letakkan Kompor dan Bak Cuci Piring Bersebelahan, Begini Cara Atasinya Tanpa Bongkar Dapur

By Amelia Pertamasari, Jumat, 13 Oktober 2023 | 17:10 WIB
Feng shui di dapur terkait penempatan bak cuci piring dan kompor bersebelahan. (dreamnikon)

SajianSedap.com - Dalam ilmu feng shui, dapur merupakan salah satu tempat pengundang rezeki, selain memasak berbagai macam makanan.

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan bahwa dapur adalah tempat yang disakralkan dalam budaya Tiongkok kuno karena kehadiran Dewa Dapur yang mengawasi ruangan ini.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, dewa bernama Zao Jun Ye ini dihormati oleh para penghuni rumah.

Agar sang dewa tidak murka dan mau menurunkan berkah rezekinya, penghuni harus rajin menjaga kebersihan ruang tersebut, ujar Mas Dian dalam bukunya.

Oleh karena itu, dapur harus ditata sedemikian rupa agar energinya seimbang. 

Ada beberapa pedoman yang bisa diikuti untuk mengundang rezeki masuk ke rumah.

Dan ada pula larangan yang sebaiknya dihindari agar rezeki tak makin menjauh dari rumah.

Salah satu aturan feng shui di dapur adalah penempatan elemen atau peralatan dapur tertentu, salah satunya untuk tidak menempatkan kompor dan bak cuci piring bersebalahan.

Tapi Anda tak harus pergi membongkar bak cuci piring atau kompor yang mungkin sudah tertanam.

Ada cara menyiasatinya agar masalah ini teratasi seperti berikut.

 

Posisi kompor dan bak cuci piring sesuai feng shui

Mas Dian menjelaskan, kompor memiliki elemen api sementara bak cuci piring dan kulkas berunsur air.

Baca Juga: Dianggap Aneh Suka Taruh Semangkuk Garam di Ruang Tamu, Tapi Saat Tahu Perubahannya Bikin Tetangga Ingin Coba Juga, Kenapa ya?