Malam Ini Coba Siramkan Sebotol Cuka ke Saluran Air di Rumah, Kelabang yang Sering Datang Saat Musim Hujan Pasti Gak Bakal Mampir

By Amelia Pertamasari, Minggu, 29 Oktober 2023 | 18:40 WIB
Cara mengusir kelabang yang sering datang ke rumah di musim hujan. (Krishna Tedjo)

SajianSedap.com - Beberapa daerah di Indonesia tengah dilanda hujan beberapa terakhir belakangan ini. 

Namun, selama musim hujan, ada beberapa serangga yang muncul di rumah. Tak ayal, beberapa orang cukup waspada dan mulai mempersiapkan diri ketika hujan tiba.

Sebab, serangga bisa muncul dari mana saja, entah itu saluran air kamar mandi maupun teras rumah. Tentunya, hal ini cukup mengganggu dan membuat rumah terkesan tidak dirawat. 

Salah satu hewan yang sering masuk ke dalam rumah adalah lipan atau kelabang.

Kelabang sering kali membuat takut banyak orang karena penampilannya mengerikan. Tak heran, kehadiran kelabang di rumah sangat tidak diinginkan.

Serangga berkaki banyak ini membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup dan sangat menyukai hujan yang tidak terlalu deras. 

Kamu akan menemukan kelabang di rumah setelah hujan karena mereka mencari serangga lain—yang turut memasuki rumahmu—untuk dimakan.

Kelabang dapat ditemukan di mana saja serangga lain bersembunyi atau di area dengan kelembapan tinggi seperti kamar mandi dan dapur.

Nah, jika Anda tak ingin rumah Anda didatangi oleh hewan ini, segeralah lakukan pencegahan.

Hanya dengan beberapa cara mudah ini dan hanya memanfaatkan bahan dapur bisa membuat kelabang enggan datang ke rumah. Yuk simak berikut ini!

Cara Mengusir Kelabang dari Rumah

Berikut cara ampuh untuk mengusir kelabang dari rumah sekaligus mencegahnya masuk kembali ke rumah dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang tersedia di rumah seperti berikut.

Baca Juga: Cara Ampuh Basmi Lipan dengan Sabun dan Cuka di Dapur, Cara Bikinnya Gampang Banget