Rahasia dari Nenek, Uban Bakal Tersamarkan Kalau Rajin Keramas dengan Air Cucian Beras!

By Amelia Pertamasari, Jumat, 15 Desember 2023 | 19:10 WIB
Ilustrasi rambut hitam tanpa uban dengan air cucian beras. (Kolase Google)

SajianSedap.com - Banyak orang berpikir bahwa tumbuhnya uban atau rambut putih berkaitan dengan penuaan. Ini karena lebih banyak orang berusia dewasa menuju senja yang mengalaminya.

Namun sebenarnya banyak orang yang mengalami uban prematur di usia 30-an tahun. Rambut beruban prematur sebagian besar terjadi karena alasan genetik.

Kadang-kadang itu juga bisa terjadi karena stres, kebiasaan makan yang tidak sehat, penggunaan bahan kimia yang keras, dll.

Perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih ini dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Sehingga banyak dari mereka yang mencoba menutupinya dengan menyemirnya atau mencabutnya.

Namun tahukah Anda bahwa Anda bisa mengatasi masalah rambut putih ini dengan cara alami yang tak merusak rambut?

Anda hanya perlu memanfaatkan air cucian beras yang telah terbukti bisa mengatasi dan mencegah rambut beruban lebih awal. Simak berikut ini penjelasannya!

Manfaat Air Cucian Beras untuk Rambut

Dilansir dari MedicalNewsToday, menurut peneliti, wanita pada periode Heian (794 hingga 1185 M) di Jepang memiliki rambut sepanjang lantai yang mereka jaga kesehatannya dengan memandikannya di air beras.

Padanan zaman modern dari cerita ini dapat ditemukan di Cina.

Wanita Yao, yang tinggal di sebuah desa bernama Huangluo di Cina, terkenal memiliki rambut yang panjangnya rata-rata 6 kaki.

Selain panjangnya yang luar biasa, rambut wanita Yao dikatakan mempertahankan warnanya lebih lama, karena mereka tidak mulai beruban sampai mereka mencapai usia 80-an.

Baca Juga: Di Pasar Satu Kantungnya Cuma Rp 5 Ribu, Bahan Dapur ini Bisa Membuat Wanita Tobat Beli Shampo Mahal, Kok Bisa?