Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi yang Berjamur dan Berlumut, Mudah Cuma Pakai Bahan Dapur Ini Saja

By Amelia Pertamasari, Minggu, 24 Desember 2023 | 12:10 WIB
Cara membersihkan dinding keramik kamar mandi. (Vicheslav)

SajianSedap.com - Banyak pemilik rumah melapisi dinding kamar mandi dengan keramik.

Ini karena keramik tahan terhadap kelembapan dan air, menjadikannya pilihan yang baik untuk area yang sering terkena air seperti kamar mandi.

Keramik juga tahan terhadap goresan dan aus akibat penggunaan harian.

Namun demikian, menjaga kebersihan dinding keramik kamar mandi bisa menjadi tantangan tersendiri.

Pertama, dinding keramik kamar mandi bisa mudah terkena jamur dan lumut karena kelembapan yang terus-menerus di kamar mandi sepanjang waktu.

Kedua, saat membersihkan dinding keramik kamar mandi, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda tidak menggunakan bahan yang sangat korosif yang dapat merusak keramik.

Nah, untuk membersihkan dinding keramik kamar mandi, Anda bisa menggunakan bahan yang mungkin sudah ada di dapur Anda, yakni cuka putih.

Cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dan lumut dengan lebih mudah dibandingkan pembersih berbahan kimia yang dijual di pasaran.

Alasannya adalah karena cuka putih mengandung asam asetat, yang merupakan senyawa yang sangat kuat sehingga dapat melarutkan endapan mineral, kotoran, dan minyak dengan sangat cepat.

Berikut caranya untuk Anda pakai di rumah.

Cara Membersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Cuka

Anda dapat dengan mudah menemukan cuka putih di supermarket. Anda perlu mengencerkannya sebelum digunakan, sehingga satu botol dapat bertahan lama.

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Menguning, Kembali Kinclong Hanya Digosok Pakai Air Dicampur Bahan Dapur Ini