Selain Lebih Aman, Kopi Rendah Gula Punya Manfaat untuk Kesehatan

By Yussy Maulia,ADV PI, Selasa, 2 Januari 2024 | 12:42 WIB
Hania Realco adalah produk kopi bubuk rendah gula yang aman dikonsumsi. (Dok. Hania Realco)

SajianSedap.com - Setiap orang punya selera masing-masing ketika mengonsumsi kopi. Ada yang suka kopi susu yang manis, tetapi tak sedikit juga yang lebih suka kopi rendah gula atau pahit.

Jika berbicara soal konsumsi harian, kopi rendah gula memang lebih aman untuk kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri merekomendasikan konsumsi gula harian dalam olahan makanan dan minuman harus berada di bawah 10 persen dari asupan energi total.

Jadi, apabila rata-rata asupan energi total SaseLovers mencapai 2.000 kalori, maka batas asupan gula dalam sehari adalah 50 gram atau 4 sendok makan.

Baca Juga: Rajin Minum Kopi Hijau Setiap Hari Ampuh Bikin Tubuh jadi Langsing dan Awet Muda?

Namun, jangan sampai SaseLovers tidak mengonsumsi gula sama sekali. Sebab, kekurangan asupan gula dapat membuat tubuh tidak berenergi dan sulit untuk berkonsentrasi.

Oleh karena itu, SaseLovers yang suka mengonsumsi kopi setiap hari dapat memilih kopi rendah gula yang lebih aman. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kopi untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya ingat

Kopi terbukti mampu meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan ingatan, seperti demensia, parkinson, dan alzheimer. Selain itu, mengonsumsi kopi juga bisa meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

2. Menjaga berat badan ideal

Kopi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan ideal.

Kandungan kopi dapat mendorong sistem saraf untuk mengirimkan sinyal ke pencernaan untuk memecah sel lemak. Dengan begitu, metabolisme tubuh lebih lancar sehingga mengurangi risiko penumpukkan lemak pada tubuh.