Cara Membersihkan Kasur Setelah Terendam Banjir, Jangan Cuma Dijemur, Bersihkan Juga Pakai Bahan Dapur Ini

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 6 Januari 2024 | 10:40 WIB
Cara membersihkan kasur setelah kena banjir. (Caroussel)

SajianSedap.com - Musim hujan mulai mengguyur beberapa daerah di Indonesia sejak akhir tahun lalu.

Dan masalah banjir juga mulai terjadi, seperti di daerah Aceh Jaya, Jakarta, Bekasi, Jambi, dan lainnya.

Banjir merendam pemukiman warga dan mengakibatkan rumah beserta perabotan di dalamnya yang tak terselamatkan menjadi basah hingga rusak akibat terendam air banjir.

Dan salah satu perabotan yang umum rusak karena hal ini adalah kasur karena terendam air hingga berhari-hari.

Berbeda dengan perabot dari material kayu yang mungkin bisa bertahan dari air, kasur yang terendam banjir adalah hal yang sangat melelahkan untuk dibersihkan.

Karena dinilai sudah rusak dan akan sangat sulit untuk dibersihkan, serta menjadi bau, tidak sedikit orang lebih memilih membuang kasur miliknya yang terendam banjir.

Tapi jika Anda tak mau membuangnya dan ingin kembali memakainya, maka ada beberapa cara untuk membersihkannya dengan sempurna.

Simak berikut ini untuk Anda coba!

Cara Membersihkan Kasur yang Terendam Banjir

Kasur yang terendam banjir memiliki masalah yang sama dengan furnitur berlapis kain seperti sofa, yang mana kain dan material di dalam kasur akan menyerap kelembapan dan mendorong pertumbuhan jamur serta bakteri.

Mengingat masalah kesehatan jamur dan bakteri bisa timbul pada kasur basah, beberapa ahli menyarankan untuk membuang kasur apapun yang mengalami kerusakan akibat banjir dalam bentuk apapun.

Namun, jika kasur terkena air hanya dalam waktu singkat dan jika air banjir itu bersih, kasur masih dapat diselamatkan, berikut langkahnya.

Baca Juga: Cara Membasmi Tumbila yang Bersarang di Kasur dengan Bahan Dapur, Selamanya Tidak Akan Datang Lagi