18 Jenis Bagian Daging Sapi

By cakkris, Selasa, 3 Maret 2015 | 17:00 WIB
18 Jenis Bagian Daging Sapi (cakkris)

      Olahan daging sapi  berbeda-beda di setiap daerah. Di Indonesia, Banyak olahan dari daging sapi. Mulai dari sop, rendang, bistik, hingga beragam olahan lainnya. Sebelum mengolah daging sapi, kita harus mengetahui bagian-bagian daging sapi agar hasil masakan sempurna. Berikut 18 jenis bagian daging sapi.

Baca: Olahan aging sapi yang populer di Indonesia. Sup Daging SayuranRendang Daging Kentang, Bistik Daging ala Jawa.

1. Daging Sapi Paha Depan (Chuck) bagian yang sering dijadikan Bakso ini berasal dari bagian atas paha depan sapi. Anda dapat mengolahnya untuk disantap bersama keluarga pada sore hari.

2. Daging Iga Sapi (Rib) bagian ini adalah bagian daging sapi yang berasal dari sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Selain untuk Steak  Anda juga dapat mengolah bagian ini menjadi Sup Konro, Sate Klopo  dan Shabu-Shabu.

3.     Has Dalam (Tenderloin) merupakan daging sapi bagian tengah. Daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang sapi di antara bahu dan tulang panggul. Has dalam merupakan bagian yang paling lunak, karena otot bagian ini jarang dipakai sapi untuk beraktivitas. Bagian ini sangat cocok untuk dijadikan steak.

4.    Has Luar (Sirloin) adalah bagian daging sapi yang berada di bagian bawah daging iga. Sama seperti tenderloin, bagian ini juga sangat cocok untuk anda olah menjadi steak.

5.    Tanjung (Rump) bagian ini adalah salah satu bagian daging sapi yang berasal dari bagian punggung belakang. Selain dijadikan steak, bagian ini sangat cocok untuk diolah menjadi Rendang, Dendeng, Bakso, Daging Kari , dan Abon.

6.   Lamosir merupakan bagian daging yang berada di sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Bagian ini dapat anda ambil dari bagian punggung. Karena mengandung banyak butir-butir lemak, daging dari bagian ini termasuk lunak. Daging ini dapat diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dalam oven.

7.    T-Bone merupakan bagian daging sapi yang sering anda jumpai di restoran steak selain sirloin dan tenderloin. T-Bone terbentuk dari tulang yang berbentuk seperti huruf T dengan daging di sekitarnya.

8.    Lidah sapi (Ox Tounge) daging yang berasal dari lidah sapi ini sungguh nikmat jika diolah menjadi Sate Padang.

9.    Ekor Sapi (Ox Tail) ekor sapi atau buntut sapi menjadi hidangan favorit dikala hujan. Anda dapat mengolah Sop Buntut atau Pindang Buntut dari bagian ini.

10.    Sandung Lamur (Brisket) bagian daging yang berasal dari bagian dada bawah ini biasanya agak berlemak dan sangat cocok untuk dijadikan Sandung Lamur Kuah Kuning.