TIPS MEMBUAT SAUS KARAMEL

By cakkris, Rabu, 4 Maret 2015 | 17:00 WIB
TIPS MEMBUAT SAUS KARAMEL (cakkris)

Saus karamel sejatinya adalah gula pasir yang digosongkan. Tak heran warnanya cokelat pekat. Saus biasanya sebagai pelengkap puding Susu Karamel  atau sebagai toping Cokelat Karamel Es Krim Soda.

Ada beberapa tips membuat karamel yang harus diperhatikan. Misalnya, jika salah menggosongkan, saus karamel anda akan mengeras atau menggumpal dan rasanya berubah  pahit.

Membuat saus karamel memang gampang-gampang susah, sangat diperlukan kesabaran dan kehati-hatian anda dalam membuatnya. Inilah tips membuat saus karamel yang harus Sobat Sase perhatikan.

1. Karamel dapat menjadi sangat panas dan lengket. Jika anda seorang pemula, siapkan semangkuk air dengan es di sekitar Anda untuk berjaga-jaga jika  terciprat saus karamel. Anda juga dapat menggunakan wajan dengan ukuran besar dan berdinding tinggi utuk menghindari cipratan.

2. Pastikan wajan yang anda gunakan bersih dari bahan-bahan lain selain bahan membuat saus karamel.

3. Hindari mengaduk saus karamel, biarkan saus karamel menyatu dengan sendirinya. Goyangkan saja wajan anda untuk memastikan semua gula telah meleleh dan larut.

4. Gunakan gula pasir putih dalam membuat saus karamel. Namun jika anda ingin proses masak yang lebih cepat dan warna yang lebih menarik, anda dapat menggunakan gula kastor dengan butiran yang lebih kecil dan warnanya yang lebih bersih.

5. Tambahkan krim kocok atau mentega atau susu ke dalam karamel anda untuk mencegah karamel mengeras ketika dingin.

6. Perhatikan waktu memasak anda, semakin gosong karamel, akan semakin pahit pula rasa yang anda dapat.

Ternyata membuat saus karamel tidak susah bukan sobat? Yang penting Anda harus perhatikan tips membuat saus kamerel di atas.

Ghitha

Baca juga :