6 KEUNTUNGAN MINUM AIR LEMON

By cakkris, Kamis, 2 Juli 2015 | 17:00 WIB
6 KEUNTUNGAN MINUM AIR LEMON (cakkris)

Banyak orang mulai rutin mengonsumsi air lemon berkat tren minuman sehat yang berkembang belakangan ini. Ada yang diperas dan dicampurkan ke dalam air minum. Ada pula yang langsung meminumnya tanpa campuran apa-apa.

Saat ini, buah lemon adalah buah yang paling sering digunakan sebagai bahan campuran infused water. Lemon memang sudah terkenal akan khasiatnya bagi tubuh kita. Dengan unsur gizinya yang tinggi seperti vitamin C, vitamin B, fosfor, protein, dan karbohidrat. Lemon juga mengandung flavonoid, yaitu komposit yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat melawan kanker. Lalu apa saja keuntungan minum air lemon?

1. Melancarkan pencernaan

Air lemon hangat mampu mengeluarkan racun dari tubuh, dengan merangsang hati untuk mengeluarkan empedu, selain itu lemon kaya akan mineral dan vitamin yang mampu mengeluarkan racun yang berada di saluran pencernaan.sehingga tidak heran air lemon hangat mampu melawan kembung, mulas, serta sendawa, sehingga tidak heran jika The American Cancer Society merekomendasikan pada pasien penderita kanker untuk konsumsi lemon untuk membantu gerakan usus.

2. Sebagai detoksifikasi

Air lemon bersifat diuretik secara alami, yang artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun bersama dengan urin atau kotoran sisa pencernaan. Asam sitrat juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang dihasilkan hati.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Keuntungan minum air lemon yang lain adalah air lemon bisa menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Apabila flu atau batuk datang menyerang, minumlah lemon yang dicampur dengan raw honey dan air hangat minimal 3-4 kali sehari. Lemon dapat dinikmati ketika perut kita dalam keadaan kosong sekalipun, seperti pada pagi hari atau sebelum makan.

4. Perawatan gigi

Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Apabila jus lemon segar diteteskan ke area gigi yang sakit, dapat membantu menyingkirkan rasa sakit. Memeras jus lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi. Cara ini juga mampu mengusir bau mulut dan gangguan lain yang berkaitan dengan gusi.

5. Meningkatkan fungsi sistem otak

Salah satu dari efek yang mengesankan minum air lemon adalah bahwa hal itu mengandung banyak kalium. Rendahnya tingkat kalium dalam tubuh berhubungan dengan depresi, sifat pelupa, kecemasan, dan melemahnya fungsi sistem otak. Dengan rutin mengkonsumsi air lemon, secara tidak langsung mampu meningkatkan sistem fungsi otak Anda.