Makan Enak Setiap Hari

By cakkris, Senin, 13 Juli 2015 | 17:00 WIB
Makan Enak Setiap Hari (cakkris)

Banyak orang yang menghindari konsumsi lemak dalam pola makan sehari-hari. Terlebih lagi bagi yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Padahal, lemak tak selamanya buruk dan menyebabkan kenaikan berat badan. Bahkan lemak memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Anda hanya perlu untuk memilih makanan dengan jenis lemak yang tepat dan dengan porsi yang tepat. Dengan begitu Anda dapat makan enak setiap hari seumur hidup Anda tanpa takut terkena penyakit dan meningkatnya berat badan.

Mengonsumsi lemak yang sesuai anjuran dapat membantu produksi hormon, meningkatkan sistem imun, penyerapan vitamin larut lemak dan meningkatkan fungsi otak. Lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh karena lemak merupakan sumber energi yang paling tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Dibandingkan dengan karbohidrat dan protein yang hanya mampu menghasilkan 4 kalori/gram, sedangkan lemak mampu menyediakan 9 kalori/gram.

“Kita tidak perlu takut mengonsumsi lemak karena tubuh kita memerlukan lemak untuk membantu organ-organ di dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Yang terpenting adalah bagaimana kita bersikap bijak terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita,” ucap Emilia Achmadi, pakar nutrisi.

Terdapat banyak jenis lemak dalam makanan, ada yang baik dan juga kurang baik untuk tubuh seperti berikut ini:

1. Lemak baik atau lemak tak jenuh (unsaturated fat)

Lemak tak jenuh dapat mengurangi risiko serangan jantung, menaikkan antibodi tubuh dan membantu menurunkan kolesterol LDL.

Lemak tak jenuh dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated fat)

Lemak tak jenuh ganda dikenal juga sebagai lemak esensial. Lemak tak jenuh ganda terdiri dari Omega 3 dan Omega 6. Lemak ini berperan penting dalam tumbuh kembang anak namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh maka harus didapatkan dari asupan makanan. Sumber Omega 3 bisa ditemukan pada ikan salmon dan ikan sarden, kenari, biji rami, kacang kedelai, minyak kanola dan margarin. Sedangkan Omega 6 bisa ditemukan pada biji bunga matahari, almond, jagung, minyak nabati dan margarin.

b. Lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated fat)

Anda bisa menemukan lemak tak jenuh tunggal pada beberapa makanan seperti minyak zaitun, minyak kanola, avokad, kacang-kacangan seperti kacang wijen dan kacang tanah.

2. Lemak kurang baik atau lemak jenuh (Saturated fat)